oleh

1.079 Calon Pemilih Pindah Tempat

Kabarmadura.id/SAMPANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang telah menetapkan daftar pemilih tambahan (DPTb) tahap 2. Penetapan tersebut dilakukan pada rapat pleno rekapitulasi hasil penyusunan DPTb tahap 2 di tingkat KPU kabupaten, Rabu (20/3).

Pelaksanaan penetapan DPTb tahap 2 disepakati semua unsur yang hadir. Hasil pleno yang ditetapkan dari 14 kecamatan tersebut, DPTb 2 yang masuk sebanyak 193 pemilih, yakni 2 orang mengurus di daerah asal dan 191 lainnya mengurus di daerah tujuan.

Sedangkan DPTb 2 yang keluar sebanyak 886 pemilih, yakni mengurus daerah asal 3 orang, dan 883 orang lainnya mengurus di daerah tujuan. Sehingga total pemilih yang pindah mencapai 1.079.

Usai rapat pleno, Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Sampang Addy Imansyah menjelaskan, DPTb keluar tersebut, adalah mereka yang pindah pilih  ke luar Kabupaten Sampang. Penetapan DPTb-2 untuk memudahkan pemilih menggunakan hak pilih melalui mekanisme, mengurus kepindahan memilih dan mengisi formulir A-5.

“DPTb masuk dan keluar itu berdasarkan hasil penyusunan rekapitulasi di tingkat PPK yang sudah terinput di database KPU,” katanya.

Selain itu, jelas mantan Komisioner Bawaslu Kabupaten Sampang itu, terjadinya perpindahan pemilih tersebut disebabkan banyak hal, salah satunya tugas pekerjaan dan sudah pindah domisili namun DPT-nya masih di daerah asalnya.

“Hasil ini kami akumulasikan dari DPTb tahap 1 dan DPTb tahap 2,” tambahnya.

Menyikapi pertanyaan masyarakat tentang adanya kemungkinan masih terdapat pemilih yang akan pindah memilih setelah tanggal 20 Maret 2019, pihaknya masih menunggu keputusan dari KPU RI. Apakah masih bisa diberikan surat pemberitahuan pindah memilih (form.A.5) atau tidak.

“Kita tunggu saja keputusan dari KPU RI untuk proses selanjutnya, yang jelas kami sudah menjalankan rapat pleno sesuai dengan ketentuan yang ada,” imbuhnya. (awe/waw)

Komentar

News Feed