1.610 Kendaraan di Jalur Suramadu Diputar Arah

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) DIHENTIKAN: Kendaraan yang hendak menuju Surabaya melalui Jembatan Suramadu diperiksa kelengkapannya.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Kepolisian Resor (Polres) Bangkalan memperpanjang penyekatan pada arus balik hingga tanggal 24 Mei 2021. Perpanjangan penyekatan tersebut, baik di pintu masik Jembatan Suramadu maupun di Pelabuhan Kamal.

Antisipasi melonjaknya wabah Covid-19 yang dilakukan sejak 6 Mei lalu itu, diperpanjang lantaran terbitnya perintah dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Bacaan Lainnya

Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanta mengatakan, sejak Sabtu (16/5/2021) tengah malam, pihaknya telah nemutararahkan sekitar 20 kendaraan, baik roda empat maupun roda dua yang akan kembali ke perantauan maupun yang akan menuju Madura.

“Kalau kendaraan kalau di total lebih dari 80 kendaraan. Roda dua saja 60 kendaraan sekian,” tuturnya, Senin (17/5/2021).

Dia belum mengetahui secara pasti alasannya diperpanjang, namun dimungkinkan karena banyak warga yang belum mudik dan kembali.

“Ini kan fungsinya untuk mencegah lonjakan wabah Covid-19. Penyekatan ini kami kerja sama dengan dinas kesehatan (dinkes) juga untuk melakukan rapid pada para pemudik secara random,” tuturnya.

Dari hasil pemeriksaan rapid tes itu, pihaknya belum menemukan adanya pemudik yang reaktif. Jika ditemukan, pemudik tersebut dilarang pulang ke rumah dulu. Tapi harus menjalani karantina.

AKBP Didik Hariyanta juga meminta agar masyarakat bersabar atas aturan tersebut. Selain itu, juga berpesan agar masyarakat Bangkalan bisa mematuhi aturan pemerintah itu secara bersama.

Terpisah, Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Bangkalan AKP AKP Abdul Aziz Sholahuddin menyampaikan, sejak 6 hingga 16 Mei 2021, setidaknya ada 1.610 kendaraan telah diputarbalikkan.

Sedangkan dalam penyekatan arus mudik hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Polres Pamekasan setidaknya sudah memutararahkan lima mobil pemudik ke Pamekasan.

Menurut Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Pamekasan AKP Nining Dyah Poespitosari, pada penyekatan yang berlokasi di pos penyekatan Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan tersebut didapati ada 5 kendaraan yang terpaksa diputarbalikkan, tepatnya pada 15 Mei 2021. Kelimanya dengan kode pelat nomor luar Madura, antara lain DK, N, B dan P.

“Lima kendaraan itu waktu giat penyekatan serentak se-Jawa Timur tanggal 15 mei 2021 pukul 24.00, baik yang arus balik dan arus mudik,” paparnya, Senin (17/5/201).

Sedangkan pada perpanjangan waktu itu, jenis operasinya masuk kegiatan rutin biasa yang ditingkatkanm bukan lagi operasi ketupat.

Pada kegiatan penyekatan itu, Polres Pamekasan melibatkan 220 personel. Mereka dibagi dalam 5 titik, yaitu Pos Pam Arek Lancor,  Pos Pam Talang Siring Larangan, Pos Pam, Sotabar Pasean, Pos Pam  Ambet dan pos pam cek point yang berada di Terminal Ceguk Pamekasan. (rul/waw)

 

 

(ina)

 

*grafis

Kendaraan yang telah diputar balikkan:

Sepeda motor 819

Mobil penumpang 760

Mobul bus 16

Mobil barang 15

Kendaraan kusus 0

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *