oleh

100 Ribu Warga Bangkalan Belum Punya E-KTP

Kabarmadura.id/BANGKALAN- Kesadaran masyarakat Bangkalan untuk memiliki kartu identitas diri masih minim. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Bangkalan, ada 100 ribu warga lebih belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau yang biasa disebut dengan E-KTP.

“Banyaknya warga yang belum melakukan perekaman E-KTP menunjukkan masyarakat masih enggan melakukan perekaman E-KTP. Itu yang menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi kita,” kata Kepala Dispendukcapil, Rudiyanto.

Lelaki yang kerap disapa Rudi ini menjelaskan,  Dispendukcapil sudah melakukan berbagai upaya untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat yang masih enggan melakukan perkeaman E-KTP. Masih menurutnya, pihaknya telah melakukan sosialisasi agar masyarakat mau dan segera melakukan perekaman.

“Kita sudah melakukan jemput bola yakni dengan cara mendatangi langsung masyarakat, pelayanan keliling. Bahkan kita juga mendatangi lembaga sekolah bagi pelajar yang berumur 17 tahun keatas agar memiliki E-KTP,” tuturnya.

Dari data sebanyak 795.955 yang wajib melakukan perekaman E-KTP, hanya ada sekitar 695.789 warga yang sudah melakukan perekeman E-KTP. Artinya hanya ada sekitar 87 persen yang baru melakukan perekaman. Sisanya ada 100.169 warga yang belum melakukan perekaman E-KTP.

“Sisanya masyarakat atau penduduk Bangkalan masih banyak yang belum melakukan perekaman E-KTP,” kata Rudi.

Untuk itu Rudi berharap agar masyarakat Bangkalan yang belum melakukan perekaman E-KTP untuk segera melakukan perekaman agar memiliki kartu penduduk. Sebab menurutnya, dengan memiliki E-KTP ini selain untuk pengenal identitas agar masyarakat mudah dalam mengurus admnistrasi apapun.

“Kami selalu berusaha mengingatkan masyarakat dengan cara sosialisai. Saya juga berharap masyarakat Bangkalan ini memiliki kesadaran dan segera melakukan perekaman E-KTP,” tukasnya. (ina/pai)

Komentar

News Feed