oleh

11 Parpol di Kabupaten Sampang Tidak Kunjung Cairkan Banpol

Kabarmadura.id/Sampang-Pagu dana bantuan partai politik (Banpol) sebesar Rp1,4 miliar yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sampang untuk 11 partai politik. Sayangnya, hingga kini belum ada satu pun parpol yang mengajukan pencairan dana tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Antar Lembaga Bakesbangpol Sampang Abd. Rahem. Seyokyanya instansinya sudah bersurat kepada para pimpinan parpol agar segera mengajukan pencairan banpol.

“Kami hanya menunggu pengajuan dari parpol setelah itu diverifikasi berkasnya dan baru bisa diproses pencairan dananya,” ucap Rahem saat ditemui Kabar Madura di ruang kerjanya, Selasa (4/8/2020).

Dia menjelaskan, besaran dana banpol yang diterima masing-masing parpol tidak sama. Besaran banpol bergantung pada perolehan suara sah pada saat pemilihan umum (pemilu). Setiap suara sah dihargai Rp1.976.

Lanjut Rahem, adapun peruntukan dana banpol itu, yakni sebagai stimulus bagi parpol, meliputi operasional, pengkaderan dan lain semacamnya, sebagaimana telah diatur dalam petunjuk teknis (Juknis) penggunaan dana banpol dan mengacu pada regulasi yang ada.

“Parpol yang mendapatkan jatah banpol terbanyak yakni PKB sebesar Rp293 juta, karena mendapatkan kursi 7 dengan total perolehan suara sah sebanyak 148.490, sementara partai terendah yakni PBB Rp37 juta, 1 kursi perolehan suara 18.767,” ulasnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua DPC PKB Kabupaten Sampang Fauzan Zain menerangkan, pengajuan pencairan banpol sudah dalam proses. Saat ini pihaknya masih melengkapi berkas sebagai syarat administrasi.

Dirinya mengaku tidak bermaksud menunda-nunda pengajuan pencairan, tetapi ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi terlebih dahulu. Dia mengungkapkan, jatah dana banpol itu sangat membantu dalam merealisasikan program-program partai dan pengkaderan.

Sesuai juknis yang ada, penggunaan banpol tidak bebas, berbeda dengan iuran fraksi yang bisa digunakan untuk kegiatan umum kepartaian. Bahkan kalau ada sisa dana banpol wajib dikembalikan kepada pemerintah.

“Masih proses, karena masih beberapa hari lalu baru selesai administrasinya, kami akan segera mengajukan dan merealisasikan dana banpol sesuai juknis yang ada,” singkatnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed