oleh

111 Calon Jamaah Haji Sampang Gagal Berangkat, Kuota Pengganti Hanya 50 Kursi

Kabarmadura.id/SAMPANG – Gagal berangkatnya 111 calon jamaah haji (CJH) asal Sampang, membuat Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Sampang harus mencarikan penggantinya. Sayangnya hanya ada 50 CJH sebagai pengganti dari 111 CJH yang gagal berangkat. Tambahan CJH tersebut meliputi usulan lansia, pendamping, dan penggabungan.

“Kami tidak bisa menolak meski jatah tambahan tersebut tidak mencapai separo CJH yang ditunda keberangkatannya. Sebab, jatah CJH tambahan ditentukan Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Kami hanya berharap ada usulan tahap ketiga sehingga jumlah jamaah yang berangkat tahun ini bertambah,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sampang, Fathorrahman.

Meski begitu, pihaknya tidak bisa menjamin CJH tambahan tersebut bisa berangkat semua. Sebab, mereka harus memenuhi persyaratan sebagaimana pada tahap pertama. Hingga saat ini, jamaah yang sudah melunasi BPIH mencapai 80 persen.

“Meski sudah melunasi, belum tentu berangkat. Sebab, jamaah masih diperiksa kesehatannya. Jika tidak memenuhi syarat bisa gagal berangkat,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, penentuan estimasi CJH sudah ditentukan sejak awal tahun. Beberapa tahapan juga telah dilakukan sebagai persyaratan sebelum pemberangkatan. Di antaranya perlengkapan dokumen, tes kesehatan, pembuatan paspor, dan tahapan lainnya.

Saat ini, tahapan perlengkapan sebagai persyaratan pemberangkatan pada tahap pertama sudah selesai. Dipastikan, 371 CJH akan diberangkatkan tahun ini. Mereka akan diberangkatkan Juli mendatang.

“CJH yang pemberangkatannya ditunda karena belum memenuhi persyaratan. Ada juga yang meninggal,” imbuhnya. (awe/pai)

Komentar

News Feed