111 Desa di Pamekasan Belum Cairkan BLT-DD Tahap III

(FOTO: KM/Khoyrul Umam Syarif) BELUM SEMUA: Dari total 178 desa di Pamekasan, baru 67 desa yang mencairkan  bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahap III.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN – Pencairan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) 111 desa pada bulan 11 dan 12 terkendala kelengkapan administrasi. Hal tersebut berdasarkan keterangan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan yang menyebutkan bahwa dari 18 desa, hanya 67 desa yang mencairkan  BLT-DD.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) DPMD Pamekasan Ach. Faisol melalui Kepala Seksi (kasi) Pembinaan dan Pengelolaan Keuangan Desa Farid Rahman mengungkapkan, ada 111 desa yang belum memproses pencairan BLT-DD, dan sisanya dalam proses pencairan.

“BLT itu include dalam dana desa, tidak terpisah, satu kesatuan dengan dana desa,” paparnya, Minggu (5/12/2021).

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, ia menjabarkan, proses pencairan dana desa dibagi tiga tahap dalam setahun. Lima bulan pertama dan kedua untuk pencairan tahap I dan II. Sementara untuk dua bulan terakhir, untuk pencairan tahap III. “Jadi dasar kami untuk penyaluran atau pengajuan kepada keuangan atas rekomendasi dari kecamatan,” ucap Faisol.

Di sisi lain, pihak kecamatan tidak akan memproses pengajuan kepada Pemerintah kabupaten (Pemkab) dalam hal ini DPMD, jika persyaratan administrasi belum lengkap. Salah satu persyaratannya yaitu laporan pertanggungjawaban atas realisasi DD tahap sebelumnya. Apabila sudah lengkap, bantuan akan disalurkan dari rekening kas umum negara (RKUN) ke rekening kas desa (RKDes).

“Yang sudah tersalurkan ke RKD sudah ada 67 desa untuk BLT bulan 11 dan 12,” pungkasnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Tinggalkan Balasan