12 Desa Terancam Tidak Bisa Cairkan DD

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Dari 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan, ada 12 desa yang tidak mencairkan Dana Desa (DD) tahap II. Apabila tetap tidak dicairkan, maka untuk tahap III tidak bisa dicairkan.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan Sahrul Munir, salah satu persyraratan untuk mencairkan DD Tahap III adalh laporan dari pelaksanaan pengerjaan DD tahap II sehingga hal itu harus dipenuhi oleh masing-masing desa.

“Persyaratan pencairannya adalah laporan pengerjaan tahapan sebelumnya,” paparnya.
Ditambahkan olehnya untuk laporan penyetoran pengerjaan sudah melalu online yang hal itu disetorkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pamekasan. Jika tidak ada laporan yang masuk maka secara otomatis akan tertolak dengan sendirinya.

Adapun 12 desa yang tidak mencairkan DD tahap II ini meliputi Desa Laden dan Desa Teja Timur kecamatan Pamekasan; Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu; Desa Sarambah dan Tattangoh, Kecamatan Proppo; Desa Bicorong, Desa Cenlecen, Desa Bajang, Palalang dan Desa Badungan,Kecamatan Pakong; dan Desa Lesong Laok Kecamatan Batu Marmar.

Sahrul juga menambahkan, untuk pencairan tahap ketiga akan dilakukan pada bulan oktober mendatang. Sebab pada bulan itu Pemkab Pamekasan akan menerima Dana Desa dari pemerinah pusat yang kemudian akan ditransfer kepada pemerintahan desa.

“Mungkin untuk tahap ketiga di bulan Oktober ini sudah ditransfer dari Kementrian Keuangan ke Kas Daerah (Kasda),” ungkapnya.
Mengenai jumlah anggarannya yang akan dicairkan pada tahap III berkisar RP78.357.964.600.

Dia berharap di waktu sisa tiga bulan pada tahun 2019 ini pemerintah desa bisa memanfaatkan waktunya untuk melaksanakan program yang telah direncanakan supaya pembangunan di desa terselesaikan dengan baik agar tidak ada silpa dari dana desa.

“DD ini semoga bisa dikerjakan dengan jadwal dan target dari awal sehingga di akhir Desember tidak ada silpa dari desa,” pungkasnya. (rul/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *