12 Tanah Aset Daerah Siap Disertifikat

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Sebanyak 12 aset tanah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan bakal disertifikat melalui jalur reguler. Saat ini masih proses pengajuan pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pamekasan.

Kepala Bidang (Kabid) Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan, Imam Wahyudi menyampaikan, semua aset daerah bakal disertifikat. Tujuannya, antisipasi terjadinya sengketa di kemudian hari.

“Kami terus berupaya mengurus sertifikat aset milik daerah,” katanya, Selasa (27/8).

Imam menjelaskan, ada beberapa persayaratan yang harus diselesaikan. Tentunya, syarat itu perlu disesuaikan dengan asal hak tanah. Di antaranya, Sertifikat Asli Hak Guna Bangunan (SHGB), Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK),SPPT PBB  dan surat pernyataan kepemilikan lahan.

“Semua persyaratan akan dipenuhi dan saat ini masih proses pengajuan pada BPN Pamekasan,” paparnya.

Dijelaskan, semua aset daerah bakal disertifikat. Namun, dilakukan secara bertahap.

“Tidak semudah membalikkan tangan. Namun, butuh proses yang pajang,” ujarnya.

Dalam pembuatan sertifikat ini masih ada kendala. Di antaranya, saat melakukan pengecekan tanah aset pemerintah sebelum diproses ke BPN ternyata asetnya bermasalah. Maka solusi terbaik BKD meminta bantuan pada OPD terkait tanah yang akan disertifikat.

“Dukungan dan kerjasamanya sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu Anggota DPRD Pamekasan  Andi Suparto mengutarakan, semua aset daerah perlu disertifikat. Pemkab harus segera melakukan gerak cepat untuk mengurus sertifikat aset daerah. Dengan demikian, di samping tertib dalam administrasi juga agar tidak menimbulkan kerugian. Misalnya, terjadi sengketa di kemudian hari.

“Semoga semua aset pemkab pada tahun 2019 selesai disertifikat,” pungkasnya. (imd/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *