oleh

120 Desa di Bangkalan Bakal Pilkades, Raperda Belum Rampung

KABARMADURA.ID, Bangkalan -Jabatan 120 kepala desa (kades) di Bangkalan bakal berakhir bulan Juli 2021 mendatang. Sehingga harus menggelar pemilihan kepala desa (pilkades). Kendati sudah mendekati pilkades, namun rancangan peraturan daerah (raperda) pilkades belum juga rampung.

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Mujibburrahman mengatakan, raperda pilkades tinggal menunggu pengesahannya. Regulasi yang mengatur pilkades itu sudah mendapat hasil evaluasi gubernur. Sehingga tinggal menunggu pengesahan agar bisa diundangkan.

“Sudah, tinggal menunggu jadi perda saja. Sudah mendapat hasil evaluasi gubernur dan tinggal disahkan,” katanya, Minggu (4/10/2020).

Selain menunggu disahkannya raperda, juga menunggu peraturan bupati (perbup) pilkades. Dia juga meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan segera mempersiapkan anggaran pelaksanaannya.

“Ini kan masa new normal, kalau ditakutkan tahun depan wabah Covid-19 masih ada, kesehatan masyarakat ini kan lebih penting. Jadi anggaran tentunya membengkak, itu juga harus dipersiapkan,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan Ahmad Ahadiyan Hamid mengatakan, masa jabatan kades di 120 desa berakhir Juli 2021 mendatang. Karena sudah mendekati pihaknya meminta bagi yang ingin mencalonkan kembali agar segera mempersiapkan berkas surat pengunduran diri.

“Ketika masa jabatan berakhir untuk melepas jabatannya dan diganti oleh pejabat sementara (Pj). Enam bulan sebelum berakhir kades harus mengirim surat pengunduran diri jika mau mencalonkan lagi,” paparnya.

Lebih lanjut lelaki yang kerap disapa Dhiet ini menerangkan, jika kades di 120 desa tersebut tidak mencalonkan lagi,bisa tetap menjabat sebagai kades hingga pelaksanaan pilkades. Dia menjelaskan, untuk Pj sendiri nanti harus berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

“Kami masih menunggu regulasinya ditandatangani bupati dan disahkan untuk pelaksanaan pilkades nanti,” tandas mantan camat Kamal ini.(ina/mam/waw)

Komentar

News Feed