128 SD Butuhkan Kepsek Definitif

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) MASIH KOSONG: Sekitar 128 sekolah dasar (SD) di Sumenep belum ada kepala sekolahnya.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Banyak kursi jabatan kepala sekolah (kepsek) sekolah dasar (SD) di Sumenep masih kosong. Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep Muhamad Iksan mengatakan, terkait jabatan kepsek yang belum terisi, ia memerintahkan pengawas untuk melakukan penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) agar kekosongan tersebut dapat teratasi.

“Setelah dilakukan penilaian, maka akan kami ajukan ke bupati Sumenep,” ungkapnya, Kamis (29/7/2021)

Sementara itu, jumlah sekolah di bawah Naungan Disdik Sumenep yaitu di antaranya; Pendidikan Anak Usia Din (PAUD) yang terdiri dari Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) 900-an, sekolah dasar negeri (SDN) 575, SD swasta 79, sekolah menengah pertama (SMP) 43, dan SMP swasta 148.

Menurutnya, kekosongan tersebut selain karena faktor jenjang golongan belum terpenuhi, juga banyak kepsek yang telah purna tugas alias pensiun.”Angkanya mencapai 128 kursi kepsek yang statusnya kosong,” ucapnya.

Dikatakan, mengenai kekosongan jabatan kepsek jenjang SD, pihaknya melakukan persiapan seleksi. ”Kami merencanakan Agustus  ada seleksi. Karena untuk SD ada banyak yang kosong,” ucapnya.

Iksan mengakui, ada beberapa kendala dalam pengisian. Selain karena banyak yang pensiun, yang muda-muda pangkat golongannya belum memenuhi persyaratan, yakni minimal 3C.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep Abd. Madjid mengakui bahwa banyak sekolah kekosongan kepsek. Sementara ntuk pengisian kepsek, menunggu keputusan bupati Sumenep. Sebab bupati masih belum dapat melantik.

“Saat ini sudah terisi Plt. Nantinya langsung diisi kepsek definitif jika bupati sudah dapat melantik,” tandasnya.

Di lain tempat, anggota Komisi IV DPRD Sumenep Sami’oeddin menegaskan, agar kekosongan jabatan cepat terisi. Sebab, sekolah yang tidak ada kepsek-nya akan tumpul.

]”Maka dari itu perlu secepatnya ada pengisian jabatan kepsek,” pungkasnya. (imd/maf)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *