oleh

13 Ribu Ton Garam Menumpuk, Diskan Pamekasan Tidak Bisa Tekan Pabrikan

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Bagai tikus mati di lumbung padi, begitulah nasib petani garam di pulau garam, Madura. Bagaimana tidak? Meski hasil panen garam berlimpah, namun harga jualnya anjlok sehingga petani garam merugi. Bahkan garam milik petani banyak yang mangkrak tak terserap oleh industri.

Biasanya memasuki musim kemarau, petani garam mulai menggarap lahan garamnya dengan penuh semangat. Namun, di tahun ini mereka seakan kehilangan gairah untuk mulai mengolah tambak-tambak garam miliknya. Alasannya, stok garam tahun lalu masih banyak dan belum terserap. Ditambah lagi harga jual garam sangat memilukan.

Di Kabupaten Pamekasan harga garam per kilonya hanya dipatok Rp400 hingga 500 rupiah saja. Itu pun hanya garam berkualitas bagus yang bisa dijual.

Kabid Perikanan dan Budidaya Dinas Perikanan (Diskan) Pamekasan Lutfi Asari mengatakan, untuk tahun 2020 masih ada 13 ribu ton garam rakyat yang masih belum terserap sepenuhnya. Sampai saat ini masih ditimbun di gudang rakyat.

“Faktornya karena harga garam yang ditawarkan oleh pabrikan terlalu rendah. Sedangkan para petani menginginkan di atas harga tersebut,” terangnya, Selasa (6/4/2021).

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, jika pihaknya tidak bisa menekan pabrikan untuk membeli garam rakyat di atas harga yang telah ditentukan. Karena dirinya tidak mempunyai kewenangan untuk menentukan harga garam rakyat. Pihaknya hanya bisa melakukan pendampingan agar garam bisa berkualitas tinggi.

“Itu kebijakan dari pabrikan kita tidak bisa mengintervensi itu. Sesuai data dari kami kualitas garam rakyat di tahun lalu 90 persen masuk KW 1,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi II DPRD Pamekasan Moh. Ali meminta kepada dinas terkait untuk terus melakukan pendampingan terhadap para petani garam. Hal itu agar kualitas garam petani bisa semakin baik lagi. Hingga nantinya berdampak pada harga garam petani.

“Harus ada sosialisasi juga terhadap pihak pabrikan ini agar garam petani kita ini bisa dibeli dengan harga yang lumayan,” pintanya. (km60/mam)

Komentar

News Feed