oleh

134 Napi di Bangkalan Peroleh Remisi Virtual

Kabarmadura.id/BANGKALAN – Bupati Bangkalan Ra Abdul Latif Amin Imron memberikan remisi kepada sejumlah Nara Pidana (Napi) di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75, Selasa (18/08/20).

Ra Latif menyatakan, pemberian remisi itu diberikan secara virtual lantaran harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

“HUT ini kan kita kunjungan juga ke rumah tahanan (rutan), menyaksikan pemberian remisi kepada terhadap napi. Dengan adanya wabah Covid-19, pemberian remisi ini melalui virtual,” katanya.

Meskipun demikian, Ra Latif menyatakan tidak mengetahui berapa napi yang mendapatkan remisi itu.

“Kurang tahu pastinya berapa, cuma ada beberapa napi yang mendapatkan remisi. Kami pun tidak hadir ke sana, tapi Kepala Rutan (Karutan) menyampaikan ke kami karena adanya wabah tidak seperti biasanya, tetapi secara virtual. Jadi, tetap mengikuti protokol kesehatan,” ujar dia.

Sementara itu, Karutan Kelas II B Bangkalan Mufakhom menyebutkan, 134 napi di Bangkalan yang mendapatkan remisi pada perayaan HUT Kemerdekaan RI. Mayoritas napi yang mendapatkan remisi tersebut merupakan dari kasus narkoba.

Mufakhom juga menjelaskan, total napi yang masih mendekam di Rutan Bangkalan sebanyak 346 Napi.

“Tetapi masih overload sampai saat ini, karena daya tampung di sini 116 napi. Tapi dengan program ini, bisa mempercepat masa tahanan,” katanya.

Lebih lanjut Mufakhom menyatakan, para napi yang mendapatkan remisi ialah ketika memiliki status hukum yang sudah inkrah dan berkelakuan baik dalam Rutan.

“Juga berkelakuan baik pada masa tahanan di Rutan,” tutupnya. (03km/nam)

Komentar

News Feed