oleh

14 Anggota Satpol PP Pamekasan Dinyatakan Reaktif Via Rapid Tes

KABARMADURA.ID, Pamekasan –Tidak mau kecolongan oleh wabah Covid-19, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pamekasan melakukan rapid tes di kantor Satpol PP, Rabu (14/10/2020). Dari hasil rapid test itu, 14 anggota dinyatakan reaktif.

Kepala Satpol PP Pamekaan Kusairi mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan untuk menggelar rapid tes. Hal itu dilakukan karena mayoritas anggota Satpol PP bekerja di lapangan dan kerap bersentuhan dengan banyak orang baru.

Sebanyak 217 anggota telah mengikuti rapid tes, namun masih ada 47 orang anggota yang belum melakukan rapid test dan dijadwalkan melakukan rapid tes kembali pada Jumat (16/10/2020) mendatang.

“Ini upaya untuk memastikan kesehatan anggota, kasihan mereka setiap hari bersentuhan dengan masyarakat sejak wabah Covid-19 masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Pamekasan dr Nanang Suyanto mengungkapkan, dari ratusan anggota Satpol PP yang melakukan rapid tes, ada 14 orang yang dikonfirmasi reaktif sementara sisanya non reaktif.

Nanang mengharuskan seluruh anggota Satpol PP yang reaktif tersebut melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Mereka diminta untuk tidak beraktivitas terlebih dahulu demi menghindari kemungkinan terjadi penyebaran Covid-19 yang tidak diinginkan.

Bahkan menurutnya, semua yang hasil rapidnya reaktif diharuskan untuk melakukan tes swab agar diketahui bahwa yang bersangkutan terkonfirmasi terinfeksi atau tidak. Sebab kendati reaktif Nanang mengatakan itu belum tentu positif terinfeksi.

Sebaliknya, non reaktif pada saat rapid tes belum tentu saat dilakukan tes swab hasilnya bersih dari Covid-19. Karenanya demi menjaga-jaga pihaknya meminta agar semua yang reaktif segera melakukan isolasi mandiri dan segera melakukan swab tes.

“Kalau selama 14 hari ada gejala, batuk, pilek, panas, tidak bisa mencium, tidak bisa merasakan makanan, itu langsung kita lakukan swab,” ucapnya. (ali/pin)

Komentar

News Feed