14 Desa Penerima BK Pemprov Belum Realisasikan Kegiatan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) TERHAMBAT: Program BK sebesar Rp500 juta untuk satu desa tidak bisa direalisasikan, alasan sering hujan.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov-Jatim) dari tahun 2020 memberikan Bantuan Keuangan Desa (BK Desa) sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan perekonomian. Namun, tidak semua dari jumlah 180 desa yang ada di Kabupaten Sampang terdata sebagai penerima BK.

Nominal anggaran dari BK tersebut masing-masing desa menerima anggaran sebesar Rp500 juta. Dan semuanya sudah masuk pada rekening desa. Adapun realisasinya sesuai dengan pengajuan sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, melalui Kasi Perencanaan Pembangunan Desa, Moh Rudy Susanto, mengatakan, semua desa yang terdata sebagai penerima BK dari provinsi jawa timur tersebut saat ini sudah dapat merealisasikan. Sebab, dananya sudah masuk pada akhir Desember tahun 2020.

Namun, ia menuturkan, akibat sering hujan, tidak ada satupun desa yang merealisasikan program tersebut, dengan alasan jika dipaksakan akan cepat rusak.

“Tetapi anggaran tersebut harus segera direalisasikan saat kondisi sudah kembali normal,” tegas Rudy sambil menjelaskan jika realisasi anggaran tersebut batas waktunya tiga bulan dari waktu dana masuk.

“Dananya sudah masuk pada masuk Desember, maka Maret  2021 sudah harus selesai.  Anggarannya itu Rp500 juta untuk satu desa,” imbuhnya, Selasa (5/1/2021).

Dari 180 desa di Sampang, hanya terdapat sebanyak 14 desa yang mendapatkan BK tersebut. Untuk penerima dana BK, tegas Rudy sesuai dengan pengajuan dan sudah di survey oleh petugas provinsi dan tidak ada keterkaitannya sama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang.

“Pengajuannya sudah sudah lama. Sebelumnya ini direncanakan tahun 2020 realisasinya, tapi karena ada kendala akibat Covid-19  baru direalisasikan tahun 2021,,” katanya.

Program BK tersebut, diakui Rudy sebagian besar  untuk kegiatan fisik berupa pengaspalan jalan. (mal/bri).

Daftar Desa Calon Penerima Bantuan Keuangan APBD Pemprov Jatim 2020

  1. Desa Tamberu Barat Kecamatan Sokobanah
  2. Desa Nepa Kecamatan Banyuates
  3. Desa Lepelle Kecamatan Robatal
  4. Desa Dharma Camplong Kecamatan Camplong
  5. Desa Tobai Timur Kecamatan Sokobanah
  6. Desa Bulmatet Kecamatan Karang Penang
  7. Desa Kramat Kecamatan Kedungdung
  8. Desa Pacanggaan Kecamatan Pangarengan
  9. Desa Kanjar Kecamatan Torjun
  10. Desa Blu’uran Kecamatan Karang Penang
  11. Desa Panggung Kecamatan Sampang
  12. Desa Angsokah Kecamatan Omben
  13. Desa Labuhan Kecamatan Sreseh
  14. Desa Plampaan Kecamatan Camplong

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *