15 Desa di Pamekasan Baru Cairkan BLT DD Bulan 3

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) PENCAIRAN: Pengajuan BLT DD dapat relaksasi paling banyak 3 bulan kepada DPMD.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN- Sebanyak 15 desa di Pamekasan yang masih belum mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) bulan 5 dan 6. Dari 15 desa tersebut,  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, menyampaikan bahwa mereka masih baru memproses pencairan BLT DD bulan 4.

Proses percepatan pencairan BLT DD tersebut, sejatinya menurut Kepala Seksi (kasi) Pembinaan dan Pengelolaan Keuangan Desa DPMD Pamekasan, Farid Rahman, sejatinya mendapatkan relaksasi untuk melakukan pencairan BLT DD untuk tiga bulan.

Bacaan Lainnya

“Ada keputusan dari pemerintah pusat untuk pengajuan BLT DD bisa diajukan 3 bulan akibat adanya penerapan Pemberlakuan pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Tujuannya memudahkan para pemerintah desa untuk bisa menyegerakan pencairan BLT DD kepada para KPM,” ungkap Farid Rahman.

Landasan untuk pencairan BLT DD dengan relaksasi bisa mengajukan paling banyak  3 bulan sekaligus, tertuang dalam surat keputusan terbaru dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 69 tahun 2021 tentang relaksasi Dana Desa (DD).

Sebelum terbitnya surat tersebut, pemerintah desa hanya bisa mengajukan satu bulan pencairan BLT DD. Meski ada relaksasi, sejatinya 178 desa terdapat 163 desa yang pencairannya kepada KPM sudah memproses untuk pencairan tahap ke 7.

“Pengajuan kepada DPMD Paling banyak 3 bulan, tetapi untuk pencairan kepada KPM tetap setiap bulan,”paparnya, Senin (27/7/2021).

Dari 15 desa yang masih baru memproses pencairan BLT DD untuk bulan ke-4, Farid Rahman menguraikan, karena ada kendala pembuatan virtual account (VA) di perbankan dan belum ada input pada aplikasi sisku aplikasi sistem keuangan desa (SISKEUDES).

“Kendalanya dari pihak desa, belum inputnya realisasi bulan sebelumnya ke aplikasi siskeudes, karena data base di aplikasi itu menyinkronkan aplikasi dari kementerian keuangan sebagai salah satu syarat pencairan,”tukasnya. (rul/bri)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *