oleh

15 Ribu Tergraduasi, KPM PKH di Pamekasan Tetap Mendapatkan BSB

Kabarmadura.id/Pamekasan–  Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan mencatat ada sekitar 15 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) tergraduasi.  Kendati sudah tercatat sebagai masyarakat mandiri atau lulus dari kemiskinan namun tetap masih bisa menerima bantuan sosial beras (BSB).

Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Pamekasan Hanafi menyampaikan, untuk penerima KPM PKH yang tergraduasi pada bulan Juli dan Agustus masih akan tetap menerima BSB.  Sesuai prosedur BSB akan diberikan setiap bulan selama 3 bulan kedepan, yakni Agustus, September dan Oktober.

“Graduasi sampai bulan Agustus kemarin  itu 15.300,  penyebabnya alamiah,  kalau mandirinya di kita hanya sekitar 200 orang, untuk yang graduasi tetap mendapatkan BSB, masing-masing penerima mendapatkan 15 kilogram, mereka menerima BSB karena data terakhir yang digunakan pada bulan Juli,” ungkapnya, Senin, (21/9/2020).

Hanafi menjelaskan, untuk pemberian BSB tersebut akan diberikan 2 bulan sekaligus kepada 50, 374 KPM PKH, yakni mulai bulan Agustus dan September, sehingga KPM PKH akan mendapatkan bantuan sebanyak 30 kilogram.

“Penyalurannya enggak mungkin jika disentralkan di Dinsos, ini masih melakukan koordinasi untuk dirapatkan mekanismenya, kita akan melalui tahapan ini secara jalur birokrasi  dengan koordinasi secara berjenjang dengan Pemkab Pamekasan,” urainya.

Dijelaskannya, kendati pun mendapatkan BSB, KPM PKH tetap mendapatkan bantuan PKH, sebab pada esensinya untuk mendongkrak perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Bukan double ya, ini kan memang program JPS, dalam rangka pemulihan ekonomi juga, mempertahankan daya beli masyarakat, di KPM PKH ini oleh Kemensos diberikan bantuan berupa beras,” pungkasnya. (rul/mam)

Komentar

News Feed