Tetapkan Pelantikan 91 Kepala Desa Terpilih 12 Oktober

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Dinas Pemberdayaan Desa dan Masyarakat (DPMD) Pamekasan akhirnya menetapkan tanggal pelantikan kades terpilih di 91 desa. Pelantikan akan dilaksanakan pada hari Sabtu (12/10) mendatang, tanpa melibatkan 2 desa yang mendapatkan SK penundaan, yakni Desa Tlontoh Ares dan Desa Lessong Daya.

Menurut Kepala Dinas PMD Pamekasan Ach. Faisol, keputusan tersebut sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Meskipun ada satu desa yang dulunya berpolemik, tetapi setelah ada rekomendasi dari tim kabupaten, sudah menenukan solusi dengan ditetapkannya 91 kepala desa terpilih periode pilkades serentak kali ini.

“Untuk 2 desa yang ditunda menunggu informasi lebih lanjut pelaksanaannya,” paparnya, Selasa (8/10).

Kepala Bidang (Kabid) PMD Pamekasan Muttaqin menambahkan, penetapan kepala desa dilakukan oleh panitia pemilihan kepala desa (P2KD). Penetapan dari P2KD kemudian diserahkan kepada Badan Pengawas Desa (BPD) untuk kemudian diteruskan ke pihak PMD. Setelah itu baru dikirim ke Bagian Hukum Pemkab Pamekasan untuk ditelaah dan diterbitkan surat keputusannya dari Bupati Pamekasan.

Adapun dari 91 desa itu, ada 13 orang perempuan yang terpilih. Rata-rata yang terpilih masih didominasi petahana, yaitu sebanyak 56 incumbent orang dan 35 lainnya kades baru.

Dia berharap dalam proses pelantikan kepala desa terpilih di 91 desa bisa berjalan dengan lancar sehingga bisa berlangsung khidmat. (rul/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *