oleh

2 Tersangka Pemerkosaan di Bawah Umur Dijadwal Sidang Minggu ini

Kabarmadura.id/Bangkalan-Dua tersangka kasus pemerkosaan yang melibatkan pelaku di bawah umur mulai dijadwalkan sidang. Sebab, keduanya telah memasuki tahap satu. Hal itu sesuai dengan regulasi yang mengatur Anak Berhadapan Hukum (ABH).

“Rencananya minggu ini, pastinya kapan kami belum bisa memastikan. Yang jelas minggu ini,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkalan, Choirul Arifin.

Dalam hal ini, kedua pelaku harus segera disidangkan lebih cepat dari tersangka yang sudah dewasa. Hal itu sesuai peraturan perundang-undangan mengenai ABH. Untuk selanjutnya, baik proses sidang maupun penahanannya bagi pelaku yang masih di bawah umur harus dibedakan dengan pelaku lainnya.

“Sidangnya harus cepat. Berkasnya sudah diserahkan kepada jaksa penuntut umum,” imbuh Choirul.

Terpisah, kasus pemerkosaan lainnya yang melibatkan korban dengan anak di bawah umur juga mulai ditangkap. Kasus tersebut yakni kasus persetubuhan di Modung oleh 5 orang tersangka. Di mana salah satu tersangka tersebut juga masih kategori anak di bawah umur dan telah berhasil diringkus.

“Empat lainnya masih dalam pengejaran kami,” ungkapnya.

Kata dia, pihaknya mengaku akan segera menerbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO). Itu dilakukannya untuk mempermudah pengejaran para pelaku dengan dibantu informasi dari masyarakat.

“Secepatnya akan kami terbitkan DPO untuk empat pelaku ini,” tukasnya.

Diketahui, kasus pemerkosaan di Kokop yang melibatkan anak di bawah umur yakni J (14) dan R (17). Sementara itu, kasus persetubuhan di Modung yakni T (14) sebagai korban dan salah satu tersangkanya yang masih di bawah umur juga yaitu SF (17). (ina/pai)

Komentar

News Feed