oleh

2020 Pagu DD di Kabupaten Sampang Naik Rp500 Juta

Kabarmadura.id/Sampang-Besaran Dana Desa (DD) untuk 180 desa di Kabupaten Sampang, dipastikan mengalami kenaikan. Kendati kenaikan pagu DD hanya sebesar Rp500 juta, namun hal itu diharapkan bisa memberikan dampak positif pada pembangunan desa.

Hal itu, disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang Suhanto. Menurutnya, proses penentuan naik atau tidaknya pagu DD sepenuhnya kewenangan dari pemerintah pusat. Pemerintah daerah hanya sebatas menentukan pagu setiap desa berdasarkan faktor-faktor tertentu.

Diungkapkannya, kendati Sampang sudah terbebas dari status daerah tertinggal, namun realitas di lapangan mengungkapkan, masih banyak desa tertinggal. Hal itu kemudian yang menjadi salah satu penyebab, pagu DD untuk Sampang terus mengalami kenaikan.

“Pada tahun 2019 lalu, pagu DD untuk Sampang senilai Rp232 miliar lebih, sedangkan pagu tahun ini mencapai Rp233 miliar,” ucap Suhanto saat dikonfirmasi Kabar Madura, Senin (6/1/2020).

Aba Hanto (sapaan akrabnya) menjelaskan, untuk pagu Anggaran Dana Desa (ADD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sampang tahun 2020 sebesar Rp94 miliar. Jumlah itu mengalami kenaikan sekitar Rp400 juta dari tahun sebelumnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku belum mengetahui secara pasti porsi DD dan ADD masing-masing desa. Dirinya beralasan masih menunggu penetapan melalui Surat Keputusan (SK) bupati. Namun, kemungkinan rata-rata pagu DD setiap desa sekitar Rp1,5 miliar.

Dirinya menjelaskan, fokus penggunaan DD tidak mengalami perubahan yang signifikan dari tahun sebelumdirinya nya. Hanya saja, tahun ini ada tambahan prioritas di setiap desa, yakni untuk menggalakkan program penurunan stunting, utamanya di 28 desa yang memiliki kasus stunting tinggi.

“Penentuan pagu setiap desa disesuaikan dengan beberapa faktor, meliputi luas wilayah, jumlah penduduk miskin, geografis dan sebagainya, tetapi masih menunggu SK penetapannya,” tukasnya. (sub/pin)

Komentar

News Feed