oleh

2020, Pembebasan Lahan Stadion di Sampang Ditarget Rampung

-Sampang-1.785 views

Kabarmadura.id/Sampang-Meski anggaran yang disiapkan untuk pembebasan lahan pembangunan stadion lebih rendah dari tahun sebelumnya, namun pembebasan lahan untuk pembangunan stadion di Kecamatan Camplong itu, ditargetkan rampung pada tahun 2020.

Kepala Seksi (Kasi) Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sampang Rijatnoko Wibowo mengatakan, pada awal tahun 2020 pembebasan lahan pembangunan stadion tahap dua sudah diajukan.

Dirinya mengatakan, untuk tahap pertama pada tahun 2019, pembebasan lahan pembangunan stadion sudah selesai sekiar 4 hektare. Sementara untuk pengajuan tahap dua pada tahun ini, lahan yang akan dibebaskan diperkiran seluas 23 bidang tanah atau sekitar 4 hektare.

“2019 kemarin 34 bidang tanah atau 4 hektare yang sudah dibebaskan,” ungkapnya, Rabu (5/2/2020)

Saat ini lanjut dia, pembebasan lahan stadion memasuki tahap appraisal atau menentukan nilai harga tanah atas jumlah besarnya ganti rugi. Hasil proses tersebut nantinya akan disampaikan kepada masyarakat sebagai pemilik tanah.

“Setelah proses pembebasan tahap kedua ini sudah dilakukan, berarti sisanya nanti tinggal 30 persen lagi,” imbuhnya

Adapaun untuk jumlah pembebasan lahan tahun ini kata dia, merupakan sisa dari kebutuhan lahan yang ditargetkan tuntas. Dirinya mengungkapkan, berdasarkan laporan dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang, tahun ini pembebasan lahan stadion akan dituntaskan.

“Pembebasan tahun ini merupakan sisa tahap pembebasan pertama, untuk tahap terakhir akan dilakukan pada bulan Oktober 2020,” tuturnya.

Adapun untuk jumlah luasan lahan secara keseluruhan yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan stadon, ada sebanyak 95 bidang tanah yang harus dibebaskan oleh Pemkab Sampang.

“Jumlah itu diukur dengan badan jalan pada pembangunan stadion baru di Desa Sejati dan Desa Batokatang Kecamatan Camplong,” pungkasnya. (mal/pin)

 

Komentar

News Feed