oleh

2020, Peningkatan Jalan Sampang–Ketapang Sepanjang 5 KM

Kabarmadura.id/Sampang-Program peningkatan struktur dan pelebaran jalan di sepanjang Jalan Raya Sampang-Ketapang, terus dilakukan secara berkala. Untuk tahun 2020 mendatang, jalan sepanjang 40 kilometer itu, kembali akan dilakukan peningkatan sepanjang 5 kilometer.

Kepala Pembantu Unit Pelaksana Teknsi (UPT) Dinas Pengerjaan Umum (PU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur (Jatim) di Kabupaten Sampang Mohammad Haris mengungkapkan. pada 2018 lalu, proyek peningkatan struktur Jalan Raya Sampang-Ketapang sepanjang 5 kilometer.

Sementara tahun ini, peningkatan struktur jalan sepanjang 8 kilometer. Sehingga total jalan yang sudah dilakukan peningkatan struktur mencapai 13 kilometer. Pengerjaan peningkatan struktur jalan itu dimulai dari Jalan Raya Robatal dan Kedungdung.

Kemudian, untuk tahun 2020 mendatang, program peningkatan struktur dan pelebaran Jalan Raya Sampang–Ketapang, diusulkan 5 kilometer yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pengerjaan peningkatan jalan itu akan dimulai dari Jalan Raya Komis, Kecamatan Kedungdung sampai ke Jalan Raya Pangelen Kecamatan Kota.

“Saat ini masih proses pembahasan di pusat,” katanya, Senin (2/12/2019).

Haris menjelaskan, program peningkatan struktur dan pelebaran Jalan Sampang-Ketapang itu, dilakukan secara bertahap hingga tuntas. Setiap tahun, pengerjaan itu disesuaikan dengan ketersedian anggaran yang ada.

Selain itu, program peningkatan struktur jalan itu, harus sesuai dengan standar pemerintah. Sehingga kondisi jalan jalan di kota Bahari,  bisa menjadi lebih nyaman dan kualitasnya bagus.

Lanjut dia, sebelum dilaksanakan peningkatan struktur dan pelebaran jalan, kondisi jalan Sampang – Ketapang tersebut hanya empat meter. Akan tetapi nanti jika sudah ditingkat, maka lebar jalan raya menjadi 6 meter dengan tambahan bahu jalan dengan lebar 1 meter di masing-masing sisi jalan.

“Nantinya kondisi jalan lebih lebar dan nyaman dilewati oleh pengendara yang salipan,” terangnya.

Sambung Haris, untuk proses pengajuan program peningkatan dan pelebaran Jalan Raya Sampang–Ketapang itu, dilakukan oleh UPT PU Bina Marga Provinsi Jatim di Pamekasan. Pihaknya mengaku hanya sebatas menyediakan lokasi, dan menerima hasil pengerjaan. Sehingga tidak mengetahui secara pasti terkait pagu pengerjaannya.

“Kami hanya menyediakan lokasi dan menerima hasil pengerjaannya, yang mengajukan langsung dari UPT PU Bina Marga di Pamekasan, sehingga kami tidak tahu pasti anggaranya berapa dan takut salah jika menyebutkan,” tukasnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed