2020 Targetkan Lima Puskesmas Jadi BLUD

  • Whatsapp
MEGAH: Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep

KOTA-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep mengakui tahun ini tidak ada pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).Namun, tahun depan ditargetkan ada 5 puskesmas yang menjadi BLUD.

Hal ini disampaikan oleh pelaksana tugas (Plt) Dinkes Agus Mulyono. Dari seluruh Puskesmas yang ada di 27 kecamatan di Sumenep, masih tidak ada yang tersentuh program BLUD. Hal ini disebabkan karena masih belum memenuhi syarat, khususnya dari unsur sumber daya manusia (SDM).

“Masih belum ada di Sumenep, kalau program BLUD itu. Ini masih proses menuju ke sana, doakan saja dan mohon dukungannya nanti,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya memang menargetkan adanya 5 puskesmas yang BLUD, hanya saja belum bisa dibocorkan mengenai identitas puskesmas tersebut. Namun, semuanya adalah berasal dari daratan.

Agus juga menyampaikan, pihaknya bukan berarti mengabaikan kesehatan masyarakat kepulauan, karena di daratan sendiri upaya program BLUD masih tahap persiapan, artinya pihaknya tidak begitu optimis program tersebut berjalan lancar begitu saja.

“Masih tahap persiapan, kan apa-apa harus dipersiapkan secara matang terlebih dahulu, karena kalau tidak, takut tidak sempurna hasilnya nanti. Meskipun personil kesehatan banyak, SDM-nya kan juga harus dikembangkan,” imbuhnya.

Agus berharap agar program tersebut segera berjalan dengan maksimal, sehingga pelayanan kesehatan masyarakat menjadi semakin nampak, dan masyarakat bisa menikmati program tersebut. (km48/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *