2022 Prioritaskan Perbaikan di Empat Kecamatan daerah Bangkalan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) PRIORITAS: Proyek perbaikan jalan di kabupaten Bangkalan masih menyisakan banyak kekurangan.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN- Realisasi perbaikan jalan tahun 2021  tuntas. Sebanyak 17 titik sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Hanya saja, infrastruktur jalan yang sudah digarap belum memenuhi kebutuhan. Sehingga tahun 2022 harus menentukan skala prioritas perbaikan. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bangkalan Guntur Setiawan, Rabu (24/11/2021).

Menurutnya meski perbaikan jalan poros sudah selesai, masih banyak titik jalan yang rusak dan perlu perbaikan. Sehingga pekerjaan perbaikan belum bisa dioptimalkan sepenuhnya di tahun 2021. Sebab ketersediaan anggaran perbaikan jalan cukup terbatas.  “Kalau urusan perbaikan, tentu sulit jika dikatakan tuntas, tapi jika berdasarkan anggaran tahun ini sudah tuntas,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Pihaknya menuturkan, hingga saat ini belum bisa memastikan jumlah jalan yang mengalami kerusakan. Namun berdasarkan peta survei petugas, sudah menentukan skala prioritas perbaikan di tahun 2022 mendatang. “Kalau jumlah titiknya kami belum tahu pasti, tapi yang jelas ada prioritas yang kami tentukan,” tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan, skala prioritas akan mengacu pada besarnya kerusakan. Yakni jalan yang kerusakannya lebih 65%, kemudian jalan tersebut memang sering digunakan dan memiliki mobilitas tinggi. Sehingga sementara yang ditentukan prioritas pada Kecamatan Konang, Modung. Geger, dan Kokop.

“Empat kecamatan ini nanti yang akan kami coba prioritaskan, tapi akan kami Sesuaikan dengan keinginan pimpinan,” tuturnya.

Meski demikian,  Guntur mengaku belum mengetahui pasti alokasi dana untuk tahun 2022. Tetapi yang jelas, ada kenaikan di Dana Alokasi Khusus (DAK). Sehingga bisa berpeluang untuk menambah lebih banyak titik perbaikan. “Kalau kami inginnya dalam sekali anggaran bisa tuntas semua, tapi kan terkendala anggaran,” paparnya.

Sedangkan untuk pengajuan dari desa, Guntur memberikan kesempatan agar desa melakukan usulan yang disepakati dengan semua tokoh. Jika memang ada kerusakan dan membutuhkan perbaikan bisa diajukan. “Asal bukan jalan lingkungan, kami akan coba akomodir dan mengusahakannya,” tegasnya.

Empat Kecamatan Prioritas Perbaikan Jalan 2022

  • Konang
  • Modung
  • Geger
  • Kokop

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *