21 CJH di Sumenep Tarik Dana Tabungan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) MEMBLUDAK: Puluhan calon jemaah haji memundurkan diri karena kekurangan terkendala keuangan. Sehingga menarik uang pendaftaran awal serta uang pelunasan.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Puluhan calon jemaah haji (CJH) gagal berangkat. Penyebabnya, ada yang meninggal dunia juga menarik tabungan atau menarik pembayaran pelunasan.

Staf Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementrian Agama (Kemenag) Sumenep Rony Ferdian mengatakan, penarikan pendaftaran awal serta uang pelunasan CJH sudah dilakukan sejak Juli 2021. Dari sejumlah alasan sebagian besar karena persoalan ekonomi.

“Yang memundurkan diri atau gagal berangkat yakni, pendaftar tahun 2014, 2015, 2017, 2018 hingga tahun 2020,” katanya, Selasa (7/09/2021).

Dikatakannya, saat ini pendaftar haji sangat sedikit. Dalam setiap harinya ada sekitar 4 hingga 5 orang. Dia beranggapan, masyarakat masih enggan mendaftar haji. Alasannya karena lama tidak melakukan pemberangkatan.

“Pembatalan pemberangkatan haji bukan CJH yang akan berangkat tahun 2022 mendatang. Tetapi masih lama,” ucap dia.

Sementar itu, Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sumenep Innani Mukarromah menambahkan, ada sebanyak 671 yang akan berangkat tahun 2022 mendatang. Dia mengakui, hingga saat ini banyak CJH yang memundurkan diri. Sebab, karena adanya faktor ekonomi atau karena meninggal.

Dikatakan Innani, berdasarkan rinciannya CJH yang dipastikan gagal berangkat, yakni ada yang meninggal sebanyak 52 orang dan 21 orang menarik tabungan atau menarik pembayaran pelunasan karena kekurangan ekonomi.

“Ya, tahun ini banyak yang memundurkan diri sehingga gagal berangkat,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebenarnya pada CJH tidak harus menarik uang pendaftaran awal untuk dapat berangkat. Tetapi, dapat mengambil uang pelunasan saja. Hal tersebut ditegaskan melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

“Kalau ingin tetap berangkat tanpa mengulang dari awal maka cukup menarik uang pelunasan saja, bukan dengan pendaftaran awal” tukasnya. (imd/mam)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *