oleh

215 Pegawai di Sampang Akan Pensiun Tahun Ini

KABARMADURA.ID, SUAMPANG -Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Sampang tahun ini akan berkurang. Sebab, sebanyak 215 aparatur sipil Negara (ASN) yang tersebar di semua organisasi perangkat daerah (OPD) akan pensiun. Hal ini diungkapkan, Pelaksana tugas (Plt) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang, Arif Lukman Hidayat, Kamis (25/3/2021).

Menurutnya, ratusan pegawai yang akan menjalani pensiunan itu secara keseluruhan dikarenakan batas waktu kerja. Yakni, usianya sudah mencapai 60 tahun. Sedangkan untuk ketentuan bagi pegawai yang akan memperoleh gaji pensiunan, minimal masa kerjanya di atas 20 tahun dan berusia di atas 50 tahun.

Sedangkan bagi ASN yang usianya masih di bawah 50 tahun atau masa kerjanya di bawah 20 tahun tidak bisa mendapatkan pensiunan. Akan tetapi, bisa mengajukan pemberhentian tanpa pensiunan. “Pensiunan ini setiap tahun berjalan, dan sekarang ini sebanyak 215, dan itu terdiri dari OPD dan ASN di kecamatan,” ujarnya.

Pihaknya memaparkan, jumlah ratusan ASN yang akan pensiunan kemungkinan besar akan bertambah. Sebab, jumlah tersebut bukan akumulasi dari total pengajuan pensiun, atau ASN meninggal. “Itu beda dengan yang pengajuan, dan sampai sekarang tidak ada yang mengajukan. Yang jelas, kalau ada pengajuan atau meninggal akan bertambah,” paparnya.

Disinggung mengenai kepastian pelaksanaan pensiun ASN, Arif Lukman Hidayat  mengaku belum mengetahui secara pasti. Akan tetapi, dipastikan sesuai dengan jadwal. “Bisa jadi setiap bulan. Untuk rinciannya tidak hafal. Tapi, 215 itu ada yang guru, tenaga kesehatan, pegawai kecamatan dan ASN di OPD lainnya,” tukasnya. (mal/ito)

ASN Pensiun Sesuai Data BKPSDM Sampang

  • Sebanyak 215 ASN
  • Batas Usia 60 Tahun
  • Tersebar di Seluruh OPD dan Tingkat Kecamatan

Ketentuan ASN Yang Memperoleh Gaji Pensiunan

  • Hanya Bagi ASN dengan Masa Kerja 20 Tahun
  • Berusia di Atas 50 Tahun

ASN Yang Tidak Bisa Menerima Gaji Pensiunan

  • Masa Kerja Kurang dari 20 Tahun Akibat Mengajukan Pensiun Dini
  • Batas Usia Masih di Bawah 50 Tahun

Komentar

News Feed