230 Abdi Negara di Sampang Purna Tugas

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) PENSIUN: Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Sampang megalami pengurangan setelah ratusan abdi negara purna tugas.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini dipastikan banyak berkurang. Sebab, sebanyak 230 abdi negara memasuki masa pensiun per tahun 2021. Data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang, per bulan juni sudah ada 230 PNS yang purna tugas.

Namun sampai bulan September belum ada tambahan. Dipastikan hingga akhir tahun 2021 baru ada tambahan. Sedangkan jumlah total PNS di daerah yang identik dengan slogan Kota Bahari mencapai 7.236 orang. Mereka terdiri dari berbagai bidang, mulai dari guru, tenaga administrator maupun tenaga kesehatan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Sampang Arief Lukman Hidayat membenarkan, jika semua PNS yang pensiun rata-rata akibat sudah memasuki masa purna tugas. Kondisi tersebut  terhitung dari usia masing-masing abdi negara. “Per bulan Juni sudah 230 ASN yang purna tugas. Mereka dari berbagai ketenagaan. Karena sudah memasuki pensiun sesuai ketentuan,” ujarnya, Senin (27/9/2021).

Dia menjelaskan, penentuan masa pensiun setiap ketenagaan di PNS tidak sama. Sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Tenaga administrator yang rata-rata berada di organisasi Perangkat Daerah (OPD) berbatas usia 58 tahun. Sementara untuk tenaga fungsional batasnya hingga umur 60 tahun.

“Kalau guru ada pembatasan berbeda. Karena sifatnya fungsional. Sehingga siapapun yang jabatannya fungsional, batas waktunya sampai 60 tahun mengabdi,” jelasnya.

Ditegaskan, pengurangan PNS terjadi bukan hanya lantaran  purna tugas. Namun, tahun ini beberapa PNS ada yang meninggal dunia. Namun data tersebut tidak masuk ke data PNS yang purna tugas. Hanya saja, belum bisa menyebut secara rinci jumlah abdi negara yang meninggal sejak tahun 2021.

Termasuk data PNS yang mengundurkan diri. Namun yang jelas, kondisi tersebut dipastikan berdampak terhadap kebutuhan tenaga di lingkungan Pemkab Sampang. Disinggung soal kebutuhan PNS, dari jumlah total PNS di Sampang? Pihaknya mengaku, belum memenuhi kebutuhan. Sedangkan setiap rekrutmen, kuota penerimaan tidak seimbang dengan jumlah PNS yang purna tugas.

“Soal kuota kami hanya menerima instruksi dari pemerintah pusat. Sejak lama BKPSDM sudah mengajukan penambahan kuota. Namun belum berhasil,” tegasnya.

Data PNS se-Kabupaten Sampang

  • 236 orang
    • Guru
    • Tenaga administrator
    • Tenaga kesehatan
  • 230 orang purna tugas
    • Per Juni 2021
  • Sisa 7.006 abdi negara

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *