oleh

235 dari 349 Pasien Dinyatakan Sembuh, Bangkalan Optimis Menuju Zona Kuning

Kabarmadura.id/Bangkalan-Pasien sembuh dari Covid-19 di Bangkalan terus bertambah. Tercatat, per tanggal 1 Agustus ada penambahan pasien sembuh sebanyak 4 orang. Dengan demikian, total pasien sembuh mencapai 235 orang, pasien terinfeksi Covid-19 sebnyak 349 orang dan suspek 118 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo menuturkan, dengan semakin banyaknya pasien yang sembuh dibandingkan terinfeksi Covid-19, dia menargetkan, bulan Agustus ini Bangkalan bukan berwarna oranye lagi melainkan sudah berwarna kuning bahkan hijau.

“Jika yang meninggal karena Covid-19 semakin meninggi, maka tetap menjadi zona oranye. Tapi kalau yang meninggal terus menurun bahkan tidak ada, Bangkalan bisa berwarna hijau,” katanya.

Mantan Kepala Puskesmas Blega ini menuturkan, perubahan warna zona ini tergantung dari kedisplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Agar penyebaran covid-19 tidak semakin meluas, bahkan menyebabkan kematian yang tinggi.

Sedangkan langkah yang dia ambil untuk mencegah penularan wabah ini agar menuju zona kuning adalag berusaha melakukan tracing secara masif di lapangan.

“Kami berupaya melakukan pelacakan secara maksimal, penyembuhan juga maksimal. Tidak boleh ada yang meninggal. Mudah-mudahan Agustus jadi kuning, ” ungkapnya.

Terpisah, Dokter Spesialis paru-paru yang menangani wabah Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syamrabu Bangkalan, dr Catur Budi menerangkan, hingga Minggu (2/8/2020) masih ada 19 pasien yang dirawat di RSUD. Pasien tersebut terdiri dari 10 orang pasien terinfeksi Covid-19 dan 9 orang suspek. Sejak kasus pertama hingga sekarang, total yang meninggal dengan terinfeksi Covid-19 keseluruhannya di Bangkalan berjumlah 46 dari 349 pasien.

“Yang meninggal ini termasuk yang meninggal di rumah sakit luar Bangkalan seperti Surabaya, Sampang, dan lain-lain,” tandasnya. (ina/pai)

Komentar

News Feed