246 Abdi Negara di Kabupaten Sampang Bakal Lepas Jabatan

  • Whatsapp
(KM/DOKUMEN) BAKAL PENSIUN: BKPSDM mencatat sebanyak 246 ASN di Lingkungan Pemkab Sampang memasuki BUP tahun ini.

Kabarmadura.id/Sampang-Sepanjang tahun 2020, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang, mencatat sebanyak 246 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat bakal melepaskan jabatannya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Mutasi BKPSDM Sampang Arif Lukman Hidayat. Menurut dia, jumlah abdi negara di Kota Bahari setiap tahunnya mengalami penyusutan, seiring banyaknya ASN yang memasuki Batas Usia Pensiun (BUP), yakni pada usia 58 tahun dan 60 tahun.

“Abdi negara yang memasuki BUP sebanyak 246 orang dari semua eselon. Rinciannya, usia 58 tahun berjumlah 105 orang, usia 60 tahun sebanyak 141 orang,” ucap Yoyok (sapaan akrabnya), Minggu (26/1/2020).

Dirinya membeberkan, banyaknya ASN yang memasuki BUP tersebut, diklaim tidak akan mengurangi kualitas pelayanan kepada masyarakat. Abdi negara yang bakal pensiun tahun ini tersebut, jumlahnya relatif sama antara yang struktural dan pejabat fungsional tertentu.

Setiap tahun lanjut dia, pihaknya terus mengajukan usulan kebutuhan ASN di Sampang kepada Kemenpan RB melalui aplikasi e-formasi. Tetapi penentuan jatahnya, sepenuhnya kewenangan dari pemerintah pusat yang mengevaluasi dan menentukan formasi penerimaan ASN baru.

Diungkapkannya, saat ini kuota penerimaan ASN yang tersedia sangat sedikit. Jumlah itu belum sebanding dengan kekurangan yang dialami. Sebab menurutnya, setiap tahun jumlah ASN yang pensiun sangat banyak, sedangkan penerimaan sedikit.

“Kami tidak bisa berbuat banyak, hanya sebatas mengusulkan kepada pemerintah pusat. Tetapi yang jelas, kami tetap berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, meskipun jumlah ASN terus menyusut,” tukas Yoyok. (sub/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *