251 Ribu Penduduk di Sampang Tidak Tercakup PBI

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN)

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Sebanyak 251 ribu penduduk di Kabupaten Sampang belum masuk sebagai penerima bantuan iuran (PBI) dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sedangkan, sempat diketahui data PBI mencapai 718 ribu. Sedangkan, jumlah total penduduk di wilayah Sampang berjumlah 969 jiwa.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Sampang, per 1 September 2021 total jumlah peserta PBI sebanyak 718.271. Rinciannya, sebanyak 585.246 peserta penerima bantuan iuran negara (PBIN), 12.115 PBID, 30.608 pegawai negeri sipil (PNS), TNI/Polri, 4.072 pegawai swasta, 25.262 mandiri dan 4.001 peserta bukan pekerja.

Sedangkan jumlah penduduk Kabupaten Sampang tahun 2021 yang tercatat pada laman resmi Badan Pusat Statistik (BPS) diketahui sebanyak 969.964 jiwa. Alhasil, masih terdapat sekitar 251.693 penduduk yang belum tercover PBI. Hal ini diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes dan KB Sampang Agus Mulyadi melalui Kasi Pelayanan Bagio, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, berdasarkan laporan dari pihak BPJS, penduduk Kabupaten Sampang yang tercover PBI tersebut berjumlah 718 ribu orang. Data itu, sudah akumulasi dari semua kepesertaan PBI. Meski demikian, tidak mengetahui pasti terkait penduduk yang belum tercover. Sebab, untuk pendataan merupakan kewenangan Dinas Sosial (Dinsos).

“Untuk peserta PBI ini yang menangani Dinsos, karena peserta jaminan kesehatan nasional (JKN ) ini fluktuatif, kalau data dari BPJS peserta PBI sebanyak 718 ribu jiwa,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinsos Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos dan PPPA) Sampang Fadeli mengatakan, hingga saat ini memang masih ada penduduk yang belum tercover PBI. Namun, akan terus dilakukan pendataan dan pengajuan untuk penambahan kepada pemerintah pusat agar menjadi peserta JKN.

Sebab, kemampuan pemerintah daerah untuk PBID sangat terbatas. Tahun ini, hanya mampu mengcover sekitar 57 ribu jiwa. Untuk itu, pihaknya berkomitmen agar semua penduduk di Sampang bisa tercover PBI, Jika tidak tercover pusat, maka bisa mengajukan melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk masuk data di pemkab setempat.

“Untuk jumlah pastinya, penduduk yang belum tercover PBI ini kami belum tahu, nanti masih mau koordinasi lebih lanjut, bisa jadi kisaran angka 251 ribu ini,” timpalnya.

Ditegaskan, bagi masyarakat yang tergolong mampu dan belum menjadi peserta BPJS, maka diharapkan bisa segera mendaftar secara mandiri. Sedangkan warga yang kurang mampu, nanti akan diajukan agar menjadi peserta JKN pusat dan bisa dicover oleh pemerintah daerah. (sub/ito)

Data Dinkes dan KB Per 1 September 2021

  • 246 PBIN
  • 115 PBID
  • 608 PNS,TNI/Polri
  • 072 pegawai swasta
  • 262 mandiri
  • 001 peserta bukan pekerja
  • Jumlah penduduk 969.964 jiwa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *