oleh

26 Paket Perbaikan Jalan Pamekasan Dianggarkan Rp63,4 M dari Dana PEN

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pamekasan mendapat anggaran Rp63.420.000.000 dari pemerintah pusat melalui dana pemulihan ekonomi masyarat (PEN). Anggaran itu hanya diproyeksikan terhadap 26 paket pemeliharaan berkala jalan.

Kepala Dinas PUPR Pamekasan Cahya Wibawa melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemeliharaan Ika Yulia Rakhmawati mengatakan, dasar dari pemanfaatan dana PEN yakni keputusan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk pemulihan ekonomi di masa wabah Covid-19.

Ika menjelaskan, proyek tersebut tidak direncanakan di awal tahun, melainkan dilakukan pada waktu Pemkab Pamekasan mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat tersebut.

“Perencanaan dilakukan konsultan perencana, kemudian pemilihan penyedia barang / jasa dilakukan oleh Pokja Bina Marga UKPBJ, setelah ada calon penyedia PPK membuat SPPBJ (Surat penunjukan Penyedia Barang Jasa),” urainya.

Kendati demikian, dia optimis bisa  dilaksanakan secara optimal pada sisa tahun anggaran 2020 ini. Sebab, dari perencanaannya sudah sangat matang.

Pengerjaan proyek tersebut tetap dilakukan melalui tender. Sebab, anggaran per paketnya rata-rata berada di atas Rp200 juta.

“Tidak ada PL, semuanya ditenderkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Harun Suyitno menegaskan, pelaksanaan pengerjaan proyek yang bersumber dari dana PEN harus dikejakan secara profesional, karena dengan dana tersebut, masyakat bisa dimudahkan aksesnya dalam menguatkan kembali geliat ekonominya.

“Kami harapkan dikerjakan secara profesional, karena rakyat sangat membutuhkan fasilitas perbaikan,” tukasnya. (rul/waw)

Komentar

News Feed