274 Koperasi di Pamekasan Terancam Dibubarkan, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan berencana akan membubarkan sejumlah koperasi yang pasif atau tidak aktif di Bumi Gerbang Salam.

Pembubaran tersebut dilakukan lantaran ada ratusan koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi (Diskop) Pamekasan sudah tidak menunjukkan denyutnya.

Pembubaran koperasi itu akan dilakukan jika koperasi tidak memenuhi kriteria seperti nihil usaha dan tidak melaporkan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada Diskop Pamekasan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi (Diskop) Kabupaten Pamekasan A. Fatah melalui Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Tayyib menegaskan, saat ini setidaknya terdapat 274 koperasi yang terancam akan dibubarkan.

“Sebanyak 274 koperasi ini terancam kami bubarkan karena sudah tidak mempunyai kriteria yang telah ditentukan oleh Diskop,” terangnya, Selasa (9/2/2021).

Pihaknya menambahkan, saat ini ada 665 koperasi yang terdaftar di Diskop Pamekasan. Dari jumlah tersebut, terbagi dari Koperasi Pegawai Negeri (KPN), Koperasi Wanita (Kopwan), maupun koperasi rumah yang lain.

Dari 665 koperasi tersebut, cuma ada 391 koperasi yang dinyatakan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh Diskop Pamekasan. Sedangkan untuk sisanya, sudah tidak aktif atau tidak memenuhi kriteria yang telah disebutkan.

Sebelum membubarkan koperasi yang tidak aktif, terlebih dahulu Diskop Pamekasan memberikan pembinaan atau pendampingan. Yakni, dengan cara memberikan satu orang tenaga pengawas di masing-masing kecamatan yang ada di Pamekasan.

“Sekarang masih proses pembinaan. Kalau nanti setelah dibina masih belum aktif, maka akan langsung dibubarkan atau dihapus datanya di Diskop Pamekasan,” pungkasnya.

Reporter: Zubaidi

Redaktur: Anam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *