oleh

3 BUMD Bangkalan Dapat Suntikan Modal Rp4 M

KABARMADURA.ID, Bangkalan – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bangkalan tahun ini mendapatkan suntikan modal modal sebesar Rp4 miliar. Anggaran penyertaan modal itu diberikan kepada tiga perusahaan milik daerah sebagai upaya menyehatkan perusahaan yang selama ini dinilai masih kurang produktif.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setkab Bangkalan Zainul Alim mengatakan, tiga perusahaan daerah yang mendapatkan suntikan modal yakni Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) mendapat Rp500 juta, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Rp500 juta dan PD Sumber Daya Rp3 miliar.

“Lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung kepada yang bersangkutan. Penyertaan modal ini diberikan setiap tahun untuk mengembangkan perusahaan di BUMD,” paparnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, dengan penyertaan modal ini. Dia berharap, agar masyarakat mendukung perkembangan perusahaan di BUMD itu. Kedepan diharapkan ada perkembangan dan perbaikan pada tiga perusahaan itu.

“Pelayanan kepada masyarakat juga kami minta tiga perusahaan ini bisa ditingkatkan,” pesannya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PD Sumber Daya Moh. Kamil menerangkan, untuk penyertaan modal pada tahun ini hanya Rp3 miliar. Realisasinya setelah membayar pajak Rp10 miliar kepada BUMD. Setelah membayar akan dikembalikan lagi Rp3 miliar sebagai penyertaan modalnya.

“Alokasinya nanti akan kami gunakan usaha kami seperti sembako dan lain-lain. Kami juga berencana akan melakukan pengembangan usaha baju seragam sekolah dan madrasah,” tuturnya.

Masih menurut Kamil, dengan adanya wabah Covid-19 akhirnya pihaknya hanya mendapatkan Rp3 miliar, diakuinya jika tahun sebelumnya penyertaan modal bisa tembus Rp10 miliar. Sementara mengenai profit, pada tahun 2019 mencapai Rp1 miliar, keuntungan tersebut dari modal sebesar Rp6 miliar.

“Kalau profit kami sudah ada pada tahun lalu. Ada keuntungan, makanya keuntungan ini untuk menyetor pendapatan asli daerah (PAD),” tukasnya. (ina/mam)

Komentar

News Feed