oleh

3 Tahun Status Pasar Galis Tak Jelas

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Status pengelolaan Pasar Galis sampai saat ini belum ada kejelasan. Pasar rakat yang dibangun pada tahun 2019 itu belum bisa menarik retribusi. Sebab, status pasar belum ada pelimpaha dari pusat kepada pemerintah daerah.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Bangkalan Sutanto mengaku status Pasar Galis memang belum jelas. Sebab, pasar yang dibangun dengan dana Kementerian Perdagangan itu belum juga dihibahkan ke daerah.

“Belum dihibahkan, jadi pasar itu masih belum milik pemerintah daerah,” ulasnya.

Dirinya juga menyampaikan, untuk melakukan hibah tersebut, tentu harus melalui surat dan tanda tangan langsung oleh presiden. Jika belum, tentu pemerintah daerah belum bisa berbuat banyak.

“Saya sudah berulang kali mendesak, tapi belum mendapatkan hasil yang nyata juga,” paparnya.

Sutanto menceritakan, jika dirinya sudah mendatangi langsung ke Kementerian Perdagangan  di Jakarta. Dan yang menjadi alasan mereka juga masih sama.

“Karena tidak hanya sekali saya menanyakan terkait ini ke mereka,” tandasnya.

Tanto menambahkan, jika pasar tersebut belum diserahkan, maka tidak bisa digunakan untuk menambah sumber PAD. Sedangkan sebelumnya Pasar Galis diharapkan menjadi salah satu penyumbang terbesar pada sumber PAD retribusi pasar di Bangkalan.

”Ini kan sudah lama, jadi sayang kalau belum bisa menyumbangkan PAD,” tuturnya.

Sedangkan salah satu pedagang pasar Galis Mustofa menyampaikan, keberadaan Pasar Galis sejak selesai dibangun pada tahun 2019 lalu dianggap tidak memberikan dampak apapun.

“Ini padahal pasar yang besar, tapi seperti tak ada bedanya dengan pasar sebelumnya,” ulasnya.

Menurut Mustofa, pasar seperti belum dibuka dengan baik. Sebab, banyak kios yang dibangun tapi tidak ditempati.

“Ada yang belum punya, ada juga yang malah dibuat gudang,” pungkasnya. (km59/mam)

Komentar

News Feed