oleh

300 Hektar Tanaman Jagung di Sampang Terserang Hama Jenis Baru

Kabarmadura.id/Sampang-Sekitar 300 hekktar tanaman jagung milik petani di Kabupaten Sampang, terdeteksi penyakit hama. Akibatnya, para petani di wilayah itu terancam merugi lantaran tanaman jagung rusak.

Kendati demikian, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Sampang Suyono, mengaku belum mampu mengatasi permasalahan tersebut. Kendati demikian, pihaknya sudah mengajukan permohonan bantuan obat penangkal hama ke Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur.

Sebab lanjut Suyono, serangan hama yang menjangkit sekitar 300 hekktar tanaman jagung milik petani itu, merupakan temuan baru jenis hama yang menjamur di lahan pertanian milik warga Sampang.

“Kalau yang dulu namanya spodoptera, untuk yang sekarang namanya spodoptera frugiperda yang menyerang melalui pucuk daun,” ungkapnya, Kamis (6/2/2020).

Dirinya menjelaskan, penyakit hama yang menyerang tanaman jagung milik petani merupakan jenis ulat. Pihaknya mengklaim, sudah melakukan upaya pengendalian hama menggunakan pestisida cadangan, namun hal itu tidak mampu mengendalikan hama jenis baru tersebut.

Hasil koordinasi dengan Disperta Jawa Timur kata Suyono, penanganan untuk jeni hama ini berbeda dengan hama yang sebelumnya menyerang lahan pertanian warga. Namun dirinya memastikan, dengan berbagai upaya yang dilakukan, petani jagung tidak akan mengalami gagal panen.

“Meski penyakit hama itu sudah menyebar ke lahan pertanian seluruh kabupaten, sekarang sudah mulai normal kemnali,” tutupnya. (mal/pin)

 

Komentar

News Feed