oleh

340 Guru Dapat SK Gubernur Jatim, Inilah Besaran Gajinya

Kabarmadura.id/Sumenep-Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Kabupaten Sumenep Sugiono Eksantoso menyampaikan, persoalan kesejahteraan guru juga dialami oleh sejumlah sekolah yang berada di bawah binaannya. Ia menyebutkan, ada ratusan guru yang masih berstatus sebagai honorer, tetapi ada sebagian yang sudah mendapatkan perhatian dari pemerintah Jawa Timur dan sudah mendapatkan gaji sebesar Rp750.000 per bulan.

“Honor guru itu sudah tanggungan provinsi, buktinya sudah banyak yang sudah mendapatkan SK Pemprov Jatim. Mereka yang sudah mendapatkan SK sudah pasti mendapatkan gaji setiap bulan,” katanya, kemarin.

Menurutnya, guru yang sudah melakukan sukwan sejak tahun 2017 mayoritas sudah mendapatkan surat keterangan (SK) gubernur dan sudah dipastikan mendapatkan tunjangan meskipun statusnya masih honorer.

Sugi (sapaan akrabnya) menambahkan, dari total jumlah 400 guru honorer yang mengajar di sekolah menengah kejuruan (SMK) atau yang sederajat 340 di antaranya sudah mendapatkan SK dari provinsi, sementara sisanya digaji oleh sekolah.

“Sekolah yang membayar, yang sudah mendapatkan SK juga boleh sekolah menambahkan honornya kalau memang mampu. Misalnya ada dana dari pusat boleh ditambahkan juga, dengan demikian maka guru mulai merasakan kesejahteraan,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk tunjangan honorer yang tidak kebagian SK gubernur pihaknya tidak dapat menentukan jumlah honornya, karena yang mempunyai kebijakan adalah sekolah baik negeri maupun swasta.

Kendati demikian, meskipun tidak terlalu banyak upah yang diperoleh oleh guru yang belum sertifikasi maka pihaknya tetap berharap agar para guru tetap profesional dalam menjalankan tugasnya, sehingga pendidikan dapat berfungsi sebagaimana harapan pemerintah. (ara/pai)

Komentar

News Feed