oleh

4 Tahun Berdiri, Panggung TRK Bangkalan Ditelantarkan

KABARMADURA.ID, BANGKALAN Kondisi panggung Taman Rekreasi Kota (TRK) semakin memprihatinkan, bangunan yang berdiri sejak 2016 lalu terlihat terbengkalai, bahkan dibiarkan mubazir. Sementara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan dinilai kurang serius dalam mengelola TRK .

Salah satu seniman asal Bangkalan Rizaldi menyampaikan, keberadaan panggung besar di belakang Stadion Gelora Bangkalan (SGB) sangat mubazir. Sebab bangunan sebesar itu pasti menghabiskan dana yang besar. Sehingga kesannya buang-buang anggaran. ”Panggung besar, biaya besar, tapi tak digunakan, kan eman eman,” terangnya.

Katanya Bangkalan masih kekurangan gedung pertunjukan. Jika memang panggung tersebut ingin digunakan sebagai tempat pagelaran seni, tentu harus disosialisasikan. Atau merangkul komunitas kesenian.

”Selama ini banyak latihan dan pertunjukan yang harus menyewa gedung, kalau ini bisa dipakai, kan kami bisa mengajukan peminjamannya,” paparnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan, Moh Hasan Faisol mengutarakan, dinasnya sudah merancang jadwal pertunjukan kesenian tersebut. Bahkan, sudah pernah dilakukan pertunjukan tahun lalu.

”Panggungnya sudah pernah digunakan, hanya saja memang kondisinya cukup terbengkalai,” katanya.

Kata Faisol kondisi panggung yang terbengkalai hanya karena tahun 2020 panggung tersebut memang tidak digunakan. Sebab, masih dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga tidak boleh ada keramaian.

”Biasanya kami adakan kegiatan setiap satu bulan sekali, tapi baru tahun ini saja yang tidak digunakan,” sebutnya.

Kerusakan yang dinilai cukup parah tersebut, menurut Faisol juga harus disertai upaya perbaikan dari pemerintah. Sedangkan anggaran masih dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Sehingga tidak ada dana yang dapat diakses untuk perbaikan gedung tersebut. ”Kami nanti akan coba mengajukan untuk perbaikan itu, kemungkinan butuh biaya besar. Tapi untuk nominalnya belum bisa dipastikan,” pungkasnya. (km59/mam)

Komentar

News Feed