oleh

45.436 KK di Bangkalan Akan Menerima BST Rp500 Ribu

Kabarmadura.id/Bangkalan-Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial kembali mengeluarkan bantuan sosial tunai (BST) Rp500 ribu per KK.

Data penerima BST sama dengan data penerima program sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Bangkalan Wibagio S mengatakan, penerima BST adalah yang sebelumnya menerima BPNT. Namun BST ini hanya diberikan satu kali, yakni di bulan September saja.

“Yang BST itu dapat Rp500 ribu yang sebelumnya dapet BPNT program sembako, jadi itu yang biasanya dapat Rp200 ribu dalam bentuk sembako dapat Rp500 ribu, tapi satu kali,” kata Wibagio, Jumat (11/9/2020).

Selain itu, untuk penerima uang bagi anak sekolah, ibu hamil dari program Keluarga Harapan (PKH), sekarang menerima bantuan berupa beras 15 kilogram.

“Sedangkan yang PKH biasanya dapat uang untuk anak sekolah, ibu hamil dan sebagainya dapat beras 15 kg selama tiga bulan,” ujarnya.

Data penerima diinput yang diinput dari masing-masing desa berdasarkan DTKS, lalu pemerintah pusat tinggal mengambil data dari DTKS tersebut.

“Data itu dari DTKS lalu pusat yang menentukan, jadi kita sifatnya memantau dan mendampingi saja,” imbuh Wibagio.

Sementara itu, Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Bangkalan Sukardi menambahkan, penerima PKH yang digantikan dengan beras 15 kilogram terhitung sejak bulan Agustus hingga Oktober 2020.

“Yang mendapatkan beras itu jumlahnya 67.676 itu KPN. Kalau yang BST dapat Rp500 ribu itu 45.436 KK,” pungkasnya. (02km/waw)

Komentar

News Feed