46 SD di Bangkalan Digabung, Guru ASN dan Honorer Ikut Termutasi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) TERGUSUR: Guru SD di Bangkalan yang sekolahnya di-regrouping ikut harus berpindah tugas ke sekolah yang baru.

KABARMADURA.ID | BANGKALANSebanyak 46 sekolah dasar (SD) di Bangkalan mulai digabungkan dengan sekolah lain. Pengenalan antar sekolah yang akan digabung dan sosialisasi penggabungan mulai dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan. Akibat regrouping tersebut, selain sekolah yang menggabung, nasib guru di sekolah ikut tergusur pula.

Sekretaris Disdik Bangkalan Zainul Qomar mengatakan, guru di 46 SD tersebut harus turut bergabung ke sekolah tujuan, tidak boleh memilih sekolah. Selain itu, ada yang dimutasi ke penugasan lain. Penempatannya ditentukan Disdik. Sehingga, tidak ada guru yang menganggur atau tidak mengajar lagi.

“Ke SD yang digabung itu, misal SD Kraton 2 dan 4. Guru yang di SD Kraton 4 akan dimutasi ke SD Kraton 2. Jadi semisal dua SD itu digabung, guru dan sekolahnya bukan SD Kraton 4 lagi, tapi SD dan guru Kraton 2. Karena SD Kraton 4 tidak ada lagi,” jelasnya mengenai detail pola mutasinya, Kamis (28/10/2021).

Tidak hanya bagi guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS), mutasi juga berlaku pada guru yang berstatus honorer, sukarelawan (sukwan) dan guru tidak tetap (GTT). Saat ini, mereka mulai mengajar di sekolah yang baru.

“Kami sudah kenalkan ke sekolah yang baru bersama korwil masing-masing kecamatan. Surat keputusan (SK) mutasi juga sudah turun,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Disdik Bangkalan Dewi Ega menjelaskan, 46 SD yang di-regrouping tersebut, berada di 9 kecamatan di Bangkalan. Dari 46 SD, kini menjadi 22 SD saja. Katanya, ada tiga sekolah yang digabung dan hanya dua sekolah saja.

“Khusus kecamatan Kamal dan Bangkalan yang tiga sekolah dijadikan satu,” tukasnya.

Mengenai jumlah guru yang tergusur akibat regrouping tersebut, perempuan yang kerap disapa Ega ini belum merespon atau menjawab via seluler.

Regrouping Sekolah di Bangkalan

  1. Geger: 2 SD -> 1 SD
  2. Kamal: 3 SD -> 1 SD
  3. Arosbaya: 4 SD -> 2 SD
  4. Tanah Merah: 6 SD -> 3 SD
  5. Galis: 6 SD -> 3 SD
  6. Blega: 4 SD -> 2 SD
  7. Kwanyar: 4 SD -> 2 SD
  8. Tragah: 2 SD -> 2 SD
  9. Bangkalan: 15 SD -> 7 SD

 

Reporter: Fain Nadofatul M

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *