• Whatsapp

Kabarmadura.id- Praktek Pemberdayaan Masyarakat (P2M) yang diadakan oleh Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan ( IDIA), Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk perwujudan pelatihan dan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Banyak kegiatan yang dilakukan sejumlah mahasiswa semester akhir yang mengabdikan dirinya, untuk perkembangan masyarakat dalam pengaplikasian dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut.

Salah satunya kelompok Zona Luar yang terdiri dari 5 mahasiswa yang bertempat di Desa Polagan Kecamatan Galis Pamekasan. Prektek pemberdayaan masyarakat berlangsung selama satu bulan, mulai tanggal 15 November 2020 hingga 15 Desember 2020. Kelompok tersebut berfokus di bidang pemberdayaan dan ekonomi masyarakat. Dalam bidang ekonomi, kelompok Zona Luar menciptakan keripik yang berbahanbaku kangkung bisa bernilai Ekonomi. Mereka berharap dengan olahan tersebut bisa menambah pemasukan masyarakat.

“Ada banyak sekali potensi pertanian yang sebenarnya jika dikelola dengan serius, dapat bernilai ekonomi” Ujar Siti Maimanah selaku ketua kelompok

Kangkung di kenal memiliki banyak kandungan serat yang tinggi, di antaranya kalium, protein, karbohidrat, lemak, zat besi, dan vitamin. Kandungan yang terdapat dalam sayur kangkung dapat membantu mengatasi penyakit insomnia.

Selama ini masyarakat mengolah kangkung hanya sebagai lauk-pauk pendamping nasi. Berkat kreatifitas mahasiswa P2M tersebut menjadikan kangkung sebagai olahan kripik yang gurih dan bercitarasa yang menggugah selera.

“Salah satu olahan kangkung yang kami coba buat adalah stik kangkung beraneka rasa. Disini kami berkolaborasi dengan beberapa ibu rumah tangga. Besar harapan kami, hal ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, dan bisa menjadi desa produktif berkat olahan kangkung”.imbuhnya

Kegiatan yang di lakukan oleh sejumlah Mahasiswa IDIA Al-Amin, mendapat respon yang positif dari Kepala Desa Polagan. Siswanji selaku orang nomor satu di Desa Polagan mengapresiasi kegiatan yang bisa menjadi penghasilan bagi ibu-ibu rumah tangga.

“Saya sangat mengapresisasi apa yang sudah di lakukan Mahasiswa IDIA. Dengan ide olahan produk camilan berbahanbaku kangkung bisa menjadikan masyarakat Polagan lebih produktif dan semoga hasil olahan tersebut bisa menjadi produk unggulan yang bisa di pasarkan”. Pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *