55 Bencana Telan Dana Rp300 Juta

  • Bagikan
(FOTO: KM/ISTIMEWA) PEDULI: Petugas saat melakukan pertolongan kepada korban banjir di Blega, Bangkalan, beberapa waktu lalu.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Bencana alam yang terjadi sepanjang tahun 2020 hingga Januari 2021 mencapai 55 kejadian. Dari sekian bencana tersebut sedikitnya sudah menghabiskan anggaran sekitar Rp30 juta.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan Rizal Morris mengatakan, jika kebutuhan penanggulangan dana diperkirakan menghabiskan dana hingga Rp300 juta. Rp100 juta untuk bencana kekeringan, sedangkan Rp 200 juta untuk bencana lainnya. ”Kami sudah tangani dengan bantuan perbaikan fisik sementara, setidaknya untuk menringankan para korban,” tuturnya.

Dijelaskannya, bencana alam sesuai catatan selama setahun, dengan rincian, longsor 10 kejadian, banjir 12 kejadian, kekeringan dua bulan, kebakaran 6 kejadian, angin kencang atau puting beliung 25 kejadian. Sedangkan dampaknya dua orang meninggal, tiga jembatan rusak, rumah tergenang 4140 rumah. Jalan rusak 6 lokasi, rumah rusak berat 7 unit, rusak sedang 4 unit, rusak ringan 4 unit.

Menurut Rizal, pihaknya hanya membantu untuk kebutuhan pokok dan sementara untuk korban. Sedangkan mengenai pembangunan fasilitas umum, kata Rizal menjadi wewenang Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). ”Kami menangani yang darurat saja, untuk pembangunannya menjadi wewenang PUPR,” tuturnya.

Warga Blega, Syamsuddin meyampaikan, penanganan bencana dari pemerintah daerah tidak merata. Sebab, tidak semua kejadian bencana alam dilaporkan. Apalagi kondisi wilayah berada di pelosok.

”Di sini saja pernah terkena bencana angin kencang, dan beberapa rumah rusak sedang, tapi tidak ada bantuan,” ulasnya.

Menurutnya, kesadaran pimpinan kecamatan atau desa masih belum sepenuhnya sadar untuk melaporkan bencana. Sehingga tidak diketahui banyak orang. Semoga saja kedepan, ada nomor atau posko pengaduan untuk bencana di setiap daerah. Sehingga bisa ditangani dengan rata.

”Kami ingin semua korban bencana bisa mendapatkan bantuan yang sama, jadi harus disiapkan solusinya,” pungkasnya. (km59/mam)

Baca juga  DLH Bangkalan Anggarkan Revitalisasi TPA 3 M
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan