oleh

59 PMI Asal Bangkalan Tiba, Langsung Dikarantina Berlapis

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Menjelang hari raya Idul Fitri, 59 orang pekerja migran Indonesia (PMI) dari Malaysia dan Singapura tiba di Bangkalan. Kendati penularan Covid-19 sudah menurun, namun mereka tetap mendapat tindakan khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo menyampaikan, semua PMI yang baru datang dari luar negeri langsung dikarantina di gedung Balai Diklat Bangkalan selama tiga hari. Agar jika terinfeksi Covid-19, tidak menular anggota keluarga maupun masyarakat.

“Untuk yang datang dari negara tetangga itu merupakan warga Bangkalan bagian pantura, tapi semua PMI itu sebelum tiba di Bangkalan sudah menjalani masa karantina selama dua hari di Surabaya dan di sini 3 hari, jadi totalnya semua PMI menjalani karantina selama 5 hari,” katanya, Minggu (2/5/2021).

Dalam pemulangan PMI, juga menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya akan terus melakukan kordinasi dengan sejumlah pihak untuk memantau para PMI yang akan pulang ke Bangkalan dan akan menerapkan karantina kepada semua yang baru datang.

“Ini semua kami lakukan untuk mencegah terjadinya klaster baru. Dan ini sudah sesuai kebijakan pemerintah pusat yang terjadi di seluruh kabupaten kota di indonesia,” imbuhnya.

Sudiyo berharap agar semua PMI dan masyarakat selalu tetap waspada terhadap Covid-19, serta selalu tetap mentaati protokol kesehatan dan selalu memakai masker dan jaga jarak.

“Supaya kita selamat dari penyebaran virus corona maka kita semua harus patuh terhadap protokol kesehatan, jangan memaksakan diri untuk mudik sesuai dengan anjuran pemerintah,” ujarnya. (ron/waw)

Komentar

News Feed