oleh

Seleksi Duta Pemuda dari Tingkat Kecamatan

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang mendukung penuh pemilihan Duta Pemuda Sampang tahun 2021. Melalui Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) setempat, digelar audisi ketat pemilihan kategori pemuda terbaik.

Tahun ini, pemilihan duta pemuda dikonsep berbeda. Panitia ajang bergengsi itu, melakukan penjaringan dari tingkat kecamatan. Sehingga, pemuda terbaik di tingkat kecamatan mengikuti audisi grand final di tingkat kabupaten.

Sedangkan di tahun sebelumnya, peserta langsung bertemu di tingkat kabupaten. Konsep baru ini, dilakukan penjaringan yang lebih berkualitas. Sehingga, duta pemuda terpilih benar-benar berkualitas. Selanjutnya, siapapun yang terpilih akan diikutkan pada ajang pemilihan duta pemuda tingkat Jawa Timur (Jatim) hingga Nasional.

Ketua Panitia Pemilihan Duta Pemuda Sampang 2021, Moh. Iqbal Fathoni mengatakan, proses audisi tahun ini dalam rangka pembenahan. Sehingga audisi dimulai dari tingkat kecamatan. Selanjutnya, grand final digelar dengan persaingan ketat. “Kami turun langsung ke setiap kecamatan untuk melakukan penjaringan. Kami targetkan, pemuda terbaik di semua kecamatan bersaing di tingkat kabupaten,” ujarnya, Senin (15/3/2021).

Pria yang akrab disapa Bung Fafan itu menjelaskan, audisi di tingkat kecamatan merupakan pengembangan konsep dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, sebelumnya setiap kecamatan kesulitan dan tidak siap mengirim wakilnya. Sehingga, panitia melakukan penjaringan langsung ke tingkat kecamatan.

Selain itu, seleksi di tingkat kecamatan untuk meminimalisir kerumunan di masa wabah Covid-19. “Kami akan terus berinovasi melakukan perbaikan konsep. Sehingga, hasil seleksi dari duta pemuda benar-benar berkualitas. Selanjutnya, yang terpilih akan dipilih di tingkat Jatim untuk dikirim ke tingkat Nasional,” tegasnya.

Setelah melalui seleksi, sedikitnya 56 peserta yang bersaing pada grand final pemilihan Duta Pemuda Sampang 2021. Peserta berasal dari 14 kecamatan. Setiap kecamatan, ada empat perwakilan, dua perempuan dan dua laki-laki.

Sementara itu, Sementara Kepala Disporabudpar Sampang, Marnilam mengaku sangat mendukung kegiatan itu. Sebab acara itu berdampak positif bagi pemuda. Menghindari pergaulan negatif. “Kami sangat mendukung kegiatan itu. Dan kami siap memfasilitasi hingga ke tingkat nasional,” katanya.

Dia menambahkan, jika kegiatan itu patut diapresiasi kedepan. Sebab, pemuda terbaik akan mewakili kabupaten Sampang di tingkat jawa timur hingga tingkat nasional. Setiap tahun, duta pemuda Sampang selalu terlibat pada seleksi di Jawa Timur untuk menjadi wakil ke tingkat pusat. (man/ito/*)

Data Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Tentang Seleksi Duta Pemuda Sampang 2021

  • Konsep Berbeda dari Tahun Sebelumnya
  • Di Tahun Sebelumnya Peserta Langsung Bertemu di Tingkat Kabupaten
  • Tahun Ini, Melakukan Seleksi di Tingkat Kecamatan
  • Selanjutnya Peserta Seleksi Terpilih Akan Masuk ke Tingkat Kabupaten
  • Kemudian ke Tingkat Provinsi hingga National

Hasil Seleksi Duta Pemuda Sampang 2021

  • Terdapat 56 Peserta Akan Bersaing pada Grand Final
  • Peserta Berasal dari 14 Kecamatan
  • Masing-masing Kecamatan Mendelegasikan 2 Orang Laki-Laki, dan 2 Orang Perempuan

 

Komentar

News Feed