oleh

6 Ribu Warga Sumenep Diusulkan Menerima BLT Dana Desa

Kabarmadura.id/Sumenep-Proses pendataan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa terus berlangsung. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep Moh. Iksan mengatakan, berdasarkan hasil rekap sementara dari 332 desa/kelurahan, ada 6 ribu orang yang diusulkan desa ke Dinsos.

“Hasil rekap sementara sebanyak 6 ribu orang, yang nantinya akan disetorkan ke pemerintah pusat,” katanya, Senin (20/4/2020).

Dijelaskan, data tersebut sifatnya usulan desa. Kemudian, dari Dinsos akan diusulkan kembali pada Kemensos RI, yang kemudian akan menjadi data valid ketika nantinya ada bantuan dari pemerintah pusat.

“Khusus BLT Dana Desa, nilai bantuannya  Rp600 ribu per bulan dalam 3 bulan,” ujarnya.

Dia menambahkan, pendataan dilakukan sesuai arahan Pemkab Sumenep melalui surat resmi yang dikirim ke Dinsos Sumenep, kemudian dari Dinsos disebarkan ke desa masing-masing sejak 17 April 2020.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Semenep Edy Rasiyadi membenarkan tentang surat yang dilayangkan pada Dinsos serta camat di Sumenep. Menurutnya, pemkab mengeluarkan surat nomor 460/223/435/103.1/2030, bertujuan untuk mendata warga Sumenep terdampak Covid-19.

Surat tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil rapat koordinasi pada (15/4/2020) lalu. Pendataan yang dimaksud yakni pendataan atas buruh harian, kuli, petani, sopir angkot, sopir ojek, atau ojek online, tukang becak, nelayan, dan pedagang kaki lima yang terdampak Covid-19.

Menurutnya, hasil pendataan desa tersebut nantinya akan menjadi bank data apabila ada bantuan lagi dari pemerintah pusat, baik berupa BLT maupun bantuan sejenis lainnya. (imd/pai)

Komentar

News Feed