60 Persen Nakes Terinfeksi Covid-19, 3 Puskesmas Tutup

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) DITUTUP: 3 puskesmas belum melayani masyarakat karena lebih 60 persen nakesnya  terinfeksi Covid-19.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melakukan penutupan layanan secara total terhadap  3 pusat layanan kesehatan masyarakat (puskesmas). Selain itu, 3 puskesmas juga membatasi pelayanan kepada masyarakat. Penyebabnya adalah jumlah tenaga medis yang tersedia jumlahnya terbatas dan sebagian terinfeksi Covid-19.

Berdasarkan keterangan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas kesehatan (Dinkes) Pamekasan dr. Syaifuddin, keputusan penutupan 3 puskesmas karena lebih dari 60 persen tenaga medisnya terinfeksi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“3 puskesmas yang ditutup, dan 3 puskesmas yang pelayanannya dibatasi, karena lebih dari 60 persen nakesnya terpapar Covid-19,” tuturnya, Senin (12/7/2021).

Secara terperinci, untuk 3 puskesmas yang ditutup yaitu; Puskesmas Larangan, Puskesmas Tlanakan, dan Puskesmas Bandaran. Sementara puskesmas yang melakukan pembatasan pelayanan yaitu Puskesmas Larangan Badung, Puskesmas Pegantenan, dan Puskesmas Sopa’ah.

“Kami instruksikan puskesmas untuk tidak memaksakan diri melayani masyarakat ketika sumber dayanya terbatas,” ungkapnya.

Kendati demikian, pelayanan kesehatan dialihkan kepada puskesmas terdekat, dan untuk jaringan puskesmas seperti puskesmas pembantu (pustu) tetap dibuka layanannya. Sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan bisa ke pustu terdekat, selain juga bisa ke rumah sakit swasta yang ada di Pamekasan.

“15 puskesmas lainnya masih beroperasi normal, tetapi tidak lama lagi segera akan dibuka lagi, karena isolasinya sudah selesai, yang jelas sudah kami hitung 14 hari sejak paparan terakhir,” ungkapnya.

Ditegaskan, ditutupnya layanan puskesmas tersebut dalam rangka menyelamatkan  nakes dan masyarakat agar tidak terinfeksi Covid-19.

“Nakesnya terpapar, risikonya ke masyarakat lagi, itu tertular dari masyarakat, masyarakatnya tidak patuh protkes, tidak mau pakai masker, tidak mau jaga jarak, tidak jujur kepada nakes, nakesnya terpapar, seperti itu kondisinya,” ulasnya. (rul/maf)

3 Puskesmas yang tutup:

-Puskesmas Larangan

-Puskesmas Tlanakan

-Puskesmas Bandaran

3 Puskesmas yang Membatasi Pelayanan:

-Puskesmas Larangan Badung

-Puskesmas Pegantenan

-Puskesmas Sopa’ah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *