oleh

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Vaksinasi tahap kedua di Kabupaten Sumenep tidak berjalan mulus. Salah satu indikasinya, ketersediaan vaksin tidak sesuai rencana alias kurang. Target vaksinasi mencapai 48.982 orang, sedangkan vaksin yang sudah terealisasi sekitar 19 ribuan. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep Agus Mulyono, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, dosis vaksin yang dialokasikan oleh pusat untuk kabupaten yang paling timur memang tidak mencukupi. Sehingga, pada awal April kembali mengajukan surat permintaan tambahan dosis vaksin jenis sinovac. Yakni, sekitar 5.800 vaksin Covid-19. “Progres vaksinasi tahap kedua bagi pelayan publik hingga saat ini masih 25 persen dari target,” ujarnya.

Pihaknya menuturkan,  apabila permintaan tambahan vaksin terpenuhi, maka cukup untuk direalisasikan terhadap sasaran yang sudah direncanakan. Sebab, dalam satu vial vaksin untuk 10 sasaran. Vaksinasi  tahap kedua dikhususkan bagi pegawai negeri sipil (PNS). Saat ini, hanya menunggu datangnya tambahan vaksin tersebut untuk direalisasikan.

“Kami tetap optimis dan yakin program vaksinasi akan selesai sesuai target, meski saat ini masih kekurangan kami sudah mengajukan tambahan. Sesuai target harus selesai pada bulan Juni 2021 mendatang. Karena setelah itu masuk pada tahap ketiga yang sasarannya adalah masyarakat umum,” tukasnya. (km62/ito)

Sumber data Dinkes Kabupaten Sumenep

  • Target Vaksinasi 48.982
  • Jumlah Vaksin 19 ribu
  • Kekurangan dosis vaksin 29 ribu
  • Pengajuan tambahan 5.800 vaksin sinovac

Komentar

News Feed