661 WBP Lapas Narkotika Dapatkan Remisi 17 Agustus

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ZUBAIDI) SENANG: Saat para napi narkotika mendapatkan remisi umum HUT Kemerdekaan RI yang ke-76.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Sebanyak 661 warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan mendapatkan remisi umum atau pemotongan masa tahanan. Pemberian Remisi tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Sohibur Rachman menyampaikan, 661 narapidana mendapatkan remisi umum tersebut merupakan napi yang telah memenuhi syarat formal masa pidana.

“Berdasarkan ketentuan sebagaimana tertuang dalam ketentuan pemberian remisi, narapidana yang bisa diusulkan mendapatkan remisi yaitu yang telah menjalani masa pidana minimal enam bulan,” ujar Sohibur Rachman, Selasa (17/8/2021).

Selain itu, ia menambahkan, napi yang mendapat remisi umum merupakan napi yang berkelakuan baik atau mentaati semua aturan selama menjalani pidana di Lapas Kelas IIA Pamekasan.

Ia mengatakan, jumlah napi narkotika yang ada di Kelas IIA Pamekasan sebanyak 1.025 orang. Namun, dari jumlah tersebut yang memenuhi persyaratan untuk diusulkan terhadap Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI guna mendapatkan remisi tahanan hanya 661 orang.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, besaran remisi yang diusulkan Lapas Kelas IIA Pamekasan dari 1 bulan hingga 6 bulan. Sedangkan untuk upacara pemberian remisi tersebut digelar setelah upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI.

“Usai upacara kemerdekaan, saya langsung umumkan siapa saja napi yang mendapatkan remisi umum 17 Agustus tahun ini,” pungkasnya. (bai/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *