7 Fraksi DPRD Pamekasan Komplit, Demokrat Terlambat

  • Whatsapp
RESMI: Tiga anggota legislator dari Partai Demokrat, Moh. Ali, Hermanto dan Ismail yang dirumorkan sedang berebut menjadi wakil ketua DPRD Pamekasan.

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Sejumlah partai politik (parpol) mulai sibuk menyiapkan pimpinan alat kelengkapan DPRD Pamekasan, terutama fraksi.

Bagi yang berhasil memperoleh lebih dari 4 kursi legislatif, tidak butuh waktu lama untuk menentukan siapa pimpinannya. Sejauh ini, sudah terbentuk 6 fraksi.

Enam fraksi itu antara lain, Fraksi Gerindra dengam Rida’i sebagai ketua, lalu Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) dengan Khairul Umam sebagai ketua, Fraksi Keadilan Sejahtera (FKS) yang menunjuk  Suryono sebagai ketua.

Selain itu, terdapat dua fraksi yang merupakan gabungan dari legislator dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Fraksi Nasdem Amanat Nasional itu, diketuai Hamidi, legislator dari Partai Nasdem.

Kemudian gabungan legislator dari tiga parpol, Partai Golkar, Partai Perindo dan PBB, yang membentuk Fraksi Madani, menunjuk Achmad Tatang dari Partai Golkar sebagai ketua.

Sedangkan Fraksi Demokrat, belum mengambil keputusan siapa yang ditunjuk jadi ketua. Namun, sudah ada tiga kandidat, yakni Ismail, Moh. Ali dan Hermanto.

Ketiganya juga berebut menjadi wakil ketua DPRD Pamekasan. Sebab, Partai Demokrat sebagai pemilik kursi terbanyak kedua, memiliki jatah satu kursi pimpinan DPRD Pamekasan.

Sementara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pamekasan, yang memiliki 12 wakil di DPRD Pamekasan, telah menunjuk Ahmadi sebagai ketua Fraksi PPP.

Ahmadi dipilih melalui voting tertutup yang diadakan DPC PPP Pamekasan. Dalam voting itu, Ahmadi mendapat dukungan terbanyak dengan total 10 suara.

Namun, Sekretaris DPC PPP Pamekasan Muksin mengatakan, posisi Ahmadi masih bersifat sementara. Dalam jangka waktu sekitar 2-3 bulan ke depan, bisa saja diubah, karena akan ada rapat lanjutan untuk penentuan kandidat ketua fraksi.

“Untuk ketua fraksinya, sifatnya sementara, bisa jadi ada perubahan lagi,” paparnya.

Ssalah satu pertimbangan menunjuk Ahmadi, karena dia belum pernah menjabat sebagai ketua di alat kelengkapan dewan (AKD).

Mengenai susunan Fraksi PPP DPRD Pamekasan, Muksin menjabarkan, Moh Sahur yang meraup 5 suara, ditunjuk sebagai wakil ketua, kemudian Andi Suparto yang mendapat 1 suara, didaulat sebagai sekretaris.

Sedangkan Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Geridra Pamekasan H Taufikuurahman menyampaikan,  yang menjadi ketua fraksinya, berdasarkan pertimbangan yang khusus dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Rida’i yang telah ditunjuk, sudah mendapatkan surat keputusan (SK) dari DPP Partai Gerindra.

“Tidak ada intervensi, kami hanya berikan surat keterangan. Insyaallah kami akan segera rapat mengenai kepengurusan lainnya,” ujarnya.

Untuk diketahui, Rida’i merupakan anggota DPRD dari  Daerah Pemilihan (Dapil) Pamekasan IV. Dia memperoleh 3.464 suara pada Pemilu 2019.

Ridai adalah satu dari empat anggota DPRD Pamekasan dari Partai Gerindra. Selain Ridai, terdapat Munaji memproleh 17.870 suara, Ismail Arrahim 9.929 suara, dan Doni Febrorur Rasyid 3.218 suara. (rul/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *