oleh

7 Nakes Terinfeksi Covid-19, 4 Puskesmas di Bangkalan Ditutup

Kabarmadura.id/Bangkalan-Setelah 3 orang tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Tanah Merah terinfeksi Covid-19 dan mengakibatkan adanya penutupan pelayanan kesehatan selama 14 hari, kini 3 puskesmas lainnya juga menyusul untuk ditutup. Mulai hari ini, Senin (28/6/2020), 3 puskesmas menyusul untuk ditutup yakni Puskesmas Socah, Kamal dan Tongguh.

“Untuk 3 puskesmas lainnya mulai besok (Senin, red). Kalau Puskesmas Tanah Merah sudah seminggu lalu,” ujar Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bangkalan Agus Zein, Minggu (27/6/2020).

Sementara itu, jumlah nakes yang terinfeksi Covid-19 terus bertambah. Dari 4 puskesmas itu totalnya ada 7 orang yang sudah terinfeksi covid-19. Selama penutupan berlangsung, semua pelayanan rawat inap akan dipindahkan ke puskesmas terdekat.

Puskesmas Tanah Merah sendiri sudah ditutup sejak 23 Juni 2020 lalu hingga 6 Juli 2020 nanti. Sementara itu 3 puskesmas lainnya akan ditutup tanggal 29 Juni sampai 12 Juli 2020.

“Staf yang terinfeksi Covid-19 untuk Puskesmas Kamal 2, Socah 1 dan Tongguh 1,” ujar Kepala Dinkes Bangkalan Sudiyo.

Lanjut Sudiyo, setelah dilakukan penutupan sementara terhadap seluruh puskesmas tersebut, pihaknya akan melakukan proses sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan dan proses tracing kepada pasien yang pernah kontak langsung dengan staf puskesmas yang sudah terinfeksi positif Covid-19.

“Semua puskesmas induk sesuai protokol kesehatan, jika ditemukan adanya salah satu staf yang terinfeksi Covid-19, harus dilakukan penutupan sementara,” tukasnya. (ina/pai)

Komentar

News Feed