7 Ribu Data Ganda KPM BPNT di Kabupaten Sampang Belum Teratasi

  • Whatsapp
(KM.JAMALUDDIN) GANDA: 7 ribu data ganda menjadi penghalang untuk pengajuan program BPNT.

Kabarmadura.id/Sampang-Sedikitnya ada 7 ribu data ganda Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang ada di Kabupaten Sampang. Keberadaan ribuan data ganda yang belum teratasi itu, diakui oleh Dinas Sosial (Dinsos) Sampang.

Kepala Seksi Pemberdayaan Kelembagaan Sosial dan Pengelolaan Sumber Dana Sosial Dinsos Sampang Moh. Lubi mengatakan, 7 ribu data ganda tersebut memang sampai hari ini belum teratasi, karena pihaknya masih akan melakukan pengecekan nomor kartu keluarga (KK) melalui operator desa.

Dirinya mengungkapkan, dengan melakukan penghapusan data ganda tersebut, maka peluang untuk mengajukan penambahan data KPM baru yang layak untuk menerima program BPNT akan semakin besar.

“Data ganda itu ada 2, satu data ganda identik, dua data ganda keluarga, dan data ganda ini harus diambil satu,” ungkapnya, Senin (23/3/2020).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk melakukan pengecekan KK, pihaknya akan melibatkan keberadaan operator desa yang ada di 186 desa, hal itu untuk mengatahui kepastian dan sebaran data ganda tersebut.

Selain itu, pihaknya mengaku juga akan melakukan pengecekan validitas data melalui aplikasi yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

“Nanti setelah data ganda tersebut diketahui, maka akan dihapus, dan masyarakat yang layak dapat mengajukan kembali sesuai hasil musyawarah desa (musdes),” tutupnya. (mal/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *