70 Desa di Bangkalan Belum Serap DD Tahap II

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) LAMBAN: Sejumlah desa di Bangkalan belum melakukan penyerapan dana desa (DD) tahap II.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Jelang akhir tahun 2021, puluhan desa di Bangkalan belum mencairkan dana desa (DD) tahap II. Dari jumlah keseluruhan 273 desa, terdapat 70 desa belum melakukan pencairan. Sedangkan 203 desa sudah masuk ke rekening kas desa (RKD). Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Permendes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan Handiansyah, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya, hingga saat ini DD yang belum dicairkan untuk puluhan desa masih tahap pengajuan. Sedangkan untuk desa yang sudah mencairkan DD tahap ke II bisa mengajukan pencairan tahap III dengan ketentuan, semua kegiatan desa termasuk penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) DD sudah terealisasi.

Bacaan Lainnya

“Kendalanya ada beberapa kegiatan yang belum terlaksana. Akibatnya berpengaruh terhadap pencairan DD tahap ke II. Jadi desa yang belum mencairkan ini, masih fokus pada DD tahap pertama. Untuk kegiatannya bervariasi, ada kegiatan fisik, BLT DD yang belum tersalurkan atau dikerjakan,” ujarnya.

Dia menuturkan, ketentuan pencairan DD sudah menjadi persyaratan dari pemerintah pusat. Sebab ketika mengajukan DD tahap II, desa juga harus menuntaskan surat pertanggung jawaban (SPj) atas kegiatan tahap pertama yang bersumber dari DD. “Kita sudah mengimbau agar segera menyelesaikan kegiatannya. Kalau kami sifatnya verifikasi berkas pengajuan pencairan DD saja,” tuturnya.

Disinggung mengenai desa yang sudah mengajukan pencairan tahap III? Pihaknya mengaku, hingga saat ini belum ada desa yang mengajukan. Sebab seluruh desa masih fokus menyelesaikan pekerjaan DD tahap I dan II. Meski demikian, optimis semua desa bisa menyerap DD tahap I dan II meski hampir tutup tahun.

“Tahap II saja belum semuanya. Hanya 70 persen yang cair. Kami yakin desa bisa serap anggaran dengan baik,” paparnya.

Sementara itu, salah satu aparat Desa Jaddih Kecamatan Socah Bangkalan Syamsuri Yusuf menyayangkan keterlambatan penyerapan anggaran. Sehingga menyebabkan DD tahap III belum bisa diproses. Meski demikian, seluruh desa di Kecamatan Socah merencanakan pencairan DD tahap II mulai pertengahan November 2021.

“Sehingga DD tahap III ini bisa segera diproses. Semoga saja tidak ada kendala lain. Sepertinya mayoritas desa mengalami kesulitan saat melakukan SPj pada kegiatan BLT,” responnya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *